Puskesmas di Kabupaten Bandung Bisa Layani Pasien Kecelakaan Kerja Peserta BPJS Ketenagakerjaan

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat pekerja di wilayah Kabupaten Bandung, sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terlibat aktif memberikan pelayanan paripurna terhadap masyarakat pekerja.

Pemkab Bandung juga dituntut mendukung program jaminan sosial bagi pekerja yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, dr. H. Achmad Kustidjadi, M.Epid dalam peresmian dan penandatanganan kerja sama pelayanan kesehatan antara BPJS Ketenagakerjaan dan Puskesmas di wilayah Kabupaten Bandung, Kamis (20/7/2017).

Terhitung mulai Juli 2017, Puskesmas di Kabupaten Bandung berstatus sebagai Trauma Center BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian, masyarakat pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan yang tersedia di semua Puskesmas di Kabupaten Bandung.

Baca Juga:

BPJS Ketenagakerjaan Berpartisipasi dalam Ekspedisi NKRI 2017 Koridor Papua Bagian Selatan

BPJS Ketenagakerjaan Proteksi Ojek Online 

Hal itu sejalan dengan amanah UU nomor 40 tahun 2004 tentang Jaminan Sosial Nasional yang menyatakan bahwa setiap pekerja yang mengalami kecelakaan kerja berhak atas manfaat berupa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan milik pemerintah atau swasta yang memenuhi syarat dan telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Hadir dalam peresmian kerja sama tersebut, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya, Dody Latpurianto dan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Soekarno-Hatta, Aang Supono, serta 31 Kepala UPT Pelayanan Kesehatan dan 62 Kepala Puskesmas di Kabupaten Bandung.

Achmad Kustidjadi melanjutkan, sebagian besar Puskesmas di wilayah Kabupaten Bandung sangat baik fasilitasnya dan siap menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan kecelakan kerja.

Bahkan beberapa dokter yang bertugas di wilayah Kabupaten Bandung sudah mendapatkan pelatihan diagnosis penyakit akibat kerja. Sehingga kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan dalam penatalaksanaan kasus-kasus kecelakaan kerja dan atau penyakit akibat kerja.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Lodaya, Dody Latpurianto, mengatakan BPJS Ketenagakerjaan punya visi menjadi kebanggaan bangsa, yang amanah, bertata kelola baik dan unggul dalam operasional dan pelayanan.

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …