Jabar Punya 5 Komoditas Unggulan Hasil Sistem Inovasi Daerah

Gubernur Aher memaparkan hasil pengembangan SIDa dan Lima Komoditas Unggulan Terpilih di Jabar, di hadapan tim penilai Anugerah Iptek Budhipura, di Gedung BPPT Jakarta, Rabu (19/07/2017).

Gubernur Aher memaparkan hasil pengembangan SIDa dan Lima Komoditas Unggulan Terpilih di Jabar, di hadapan tim penilai Anugerah Iptek Budhipura, di Gedung BPPT Jakarta, Rabu (19/07/2017).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan lima komoditi unggulan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).


Komoditi tersebut hasil kolaborasi antara Perguruan Tinggi, Pemerintah, Dunia Usaha/Industri dan masyarakat telah terjalin dengan baik dan menghasilkan IKM baru berbasis iptek.

Lima komoditi unggulan tersebut yaitu ikan patin, kopi java preanger, indigofera, ikan lele sangkuriang, dan ayam sentul.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kami memaparkan hasil-hasil inovasi yang dikembangkan di Provinsi Jawa Barat dari pertengahan tahun 2016 sampai dengan 2017,” kata Gubernur Aher.

Aher menyampaikan hal tersebut usai paparan pengembangan SIDa dan Lima Komoditas Unggulan Terpilih di Jabar, di hadapan tim penilai Anugerah Iptek Budhipura, di Gedung BPPT Jakarta, Rabu (19/07/2017).

“Kita menemukan ada 17 inovasi, dan lima diantaranya kami tampilkan di Kemenristek Dikti dalam rangka merebut piala Budhipura,” lanjut Aher.

Lima inovasi Jawa Barat di bidang iptek berbasis masyarakat tersebut dikembangkan melalui ‘creative research’ atau riset. Ada pun Jawa Barat tengah mengembangkan inovasi lainnya seperti pengembangan pembenihan ikan mas Marwana.

Lalu, pengembangan bambu, pisang, white tea, bandeng Indramayu, domba Padjadjaran, ayam pelung, pembibitan udang, mangrove, batik warna alam Ciwaringin Cirebon, Nanas Subang, dan pada bidang transportasi yakni mobil desa.

(mun)

Loading...

loading...

Feeds

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …