Jabar Punya 5 Komoditas Unggulan Hasil Sistem Inovasi Daerah

Gubernur Aher memaparkan hasil pengembangan SIDa dan Lima Komoditas Unggulan Terpilih di Jabar, di hadapan tim penilai Anugerah Iptek Budhipura, di Gedung BPPT Jakarta, Rabu (19/07/2017).

Gubernur Aher memaparkan hasil pengembangan SIDa dan Lima Komoditas Unggulan Terpilih di Jabar, di hadapan tim penilai Anugerah Iptek Budhipura, di Gedung BPPT Jakarta, Rabu (19/07/2017).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengungkapkan lima komoditi unggulan Sistem Inovasi Daerah (SIDa).


Komoditi tersebut hasil kolaborasi antara Perguruan Tinggi, Pemerintah, Dunia Usaha/Industri dan masyarakat telah terjalin dengan baik dan menghasilkan IKM baru berbasis iptek.

Lima komoditi unggulan tersebut yaitu ikan patin, kopi java preanger, indigofera, ikan lele sangkuriang, dan ayam sentul.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kami memaparkan hasil-hasil inovasi yang dikembangkan di Provinsi Jawa Barat dari pertengahan tahun 2016 sampai dengan 2017,” kata Gubernur Aher.

Aher menyampaikan hal tersebut usai paparan pengembangan SIDa dan Lima Komoditas Unggulan Terpilih di Jabar, di hadapan tim penilai Anugerah Iptek Budhipura, di Gedung BPPT Jakarta, Rabu (19/07/2017).

“Kita menemukan ada 17 inovasi, dan lima diantaranya kami tampilkan di Kemenristek Dikti dalam rangka merebut piala Budhipura,” lanjut Aher.

Lima inovasi Jawa Barat di bidang iptek berbasis masyarakat tersebut dikembangkan melalui ‘creative research’ atau riset. Ada pun Jawa Barat tengah mengembangkan inovasi lainnya seperti pengembangan pembenihan ikan mas Marwana.

Lalu, pengembangan bambu, pisang, white tea, bandeng Indramayu, domba Padjadjaran, ayam pelung, pembibitan udang, mangrove, batik warna alam Ciwaringin Cirebon, Nanas Subang, dan pada bidang transportasi yakni mobil desa.

(mun)

Loading...

loading...

Feeds

Rekrut Bek Baru Jangan Sancho

Rekrut Bek Baru Jangan Sancho

POJOKBANDUNG.com, MANCHESTER – Manchester United kembali diminta fokus memperkuat lini pertahanan. Nama Dayot Upamecano diusulkan agar diprioritaskan ketimbang Jadon Sancho. …
Geoffrey dan Febri Alami Cedera

Geoffrey dan Febri Alami Cedera

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kurang dari sepekan kabar kurang mengenakan menghampiri Persib Bandung. Dua pemainnya mengalami cedera. Ya dua pemain itu …

Kolaborasi Telkomsel-MCAS, Luncurkan DigiSaham

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– PT M Cash Integrasi Tbk (IDX: MCAS), perusahaan distribusi digital terdepan di Indonesia, mengumumkan peluncuran DigiSaham, platform informasi …

Waspada! Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, periode tiga hari kedepan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Bahkan …

ICW: Pejuang KPK Itu Tak Tinggalkan Gelanggang

Indonesia Corruption Watch (ICW) mengomentari sindiran Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron terhadap pegawai lembaga antirasuah yang mengundurkan …

Wanita Dimuliakan tanpa ‘Kesetaraan’

BICARA tentang kaum hawa hari ini masih berkutat seputar problem kesetaraan gender yang menjadi komoditi propaganda barat yang dikampanyekan pada …