Aher Tandatangani MoU CoE Akuntabilitas Sektor Publik dengan BPKP RI

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menandatangani MoU pengembangan Center of Excellence (CoE) dengan BPKP

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menandatangani MoU pengembangan Center of Excellence (CoE) dengan BPKP

POJOKBANDUNG.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) bersama Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI Ardan Adiperdana menandatangani MoU pengembangan Center of Excellence (CoE) di Auditorium Gandhi Gedung BPKP, Jakarta, Selasa (18/7/2017).


CoE adalah bentuk sinergi antara BPKP sebagai praktisi di bidang pengawasan sektor publik, perguruan tinggi sebagai akademisi yang memiliki kemampuan di bidang riset dan teori, serta dengan pemerintah daerah yang memiliki komitmen untuk menciptakan pemerintahan yang bersih.

Dalam sambutannya, Aher mewakili delapan pemerintah provinsi lain dan pemda 14 kabupaten/kota menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPKP atas pengembangan kerjasama CoE ini.

Aher berharap program ini bisa meningkatkan kapasitas para pengawas internal pemerintah atau APIP, serta peningkatan pengelolaan keuangan yang baik dan good governance.

“Pemerintah daerah merasa diuntungkan dengan program ini. Karena kami dari provinsi, sembilan provinsi khususnya dan 14 kabupaten/kota, mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan aparatur terbaik kami untuk dilatih dan ditingkatkan kapasitasnya,” ujar Aher.

Kesempatan ini menjadi peluang yang sangat baik untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan keuangan pemda. Menutut Aher, hal tersebut akan berdampak positif terhadap pembangunan masyarakat di daerah.

“Kata kunci manakala kita ingin menghadirkan kinerja pembangunan akuntabilitas keuangan menjadi sangat baik dan kemudian adalah opininya yang tertinggi adalah WTP, ternyata faktor sumber daya aparatur yang harus terus kita tingkatkan kapasitasnya,” tutur Aher.

CoE merupakan bagian dari program State Accountability Revitalization (STAR) untuk mendukung reformasi birokrasi pemerintah Indonesia dalam memperkuat akuntabilitas di bidang manajemen keuangan dan audit sektor publik.

Progam ini diinisiasi oleh Pemerintah Republik Indonesia. STAR merupakan program yang dibiayai melalui pendanaan dari Asian Development Bank (Loan ADB Nomor 2927-INO). Melalui STAR telah dilaksanakan peningkatan kapabilitas personel auditor dan pengelola keuangan negara, peningkatan kapasitas lembaga pelatihan, dan implementasi Sistem Informasi Manajemen Akuntabilitas.

Loading...

loading...

Feeds