Ridwan Kamil Sulap Jalan Sepi di Kota Bandung Jadi Pusat Kuliner dan Ekonomi Kreatif

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –Walikota Bandung Ridwan Kamil bakal menambah fasilitas umum.


Rencananya, Ridwan Kamil akan menyulap sejumlah kawasan sepi di Bandung untuk dijadikan areal ekonomi kreatif, dengan programnya yang dinamai revitalisasi jalan sepi.

Kawasan sepi di Jalan Ciungwanara, menjadi proyek percontohan. Lokasinya tepat di belakang SMAN 1 Bandung.

Jalan tersebut sangat sepi lantaran minimnya aktivitas masyarakat di kawasan tersebut. Namun, kini salah satu areal di jalan itu disulap menjadi tempat nongkrong anak muda yang sangat nyaman. Tempat itu diberi nama Banyu Leisure.

“Itu area kosong yang panjang sekali, dulunya gelap menakutkan sekarang dijadikan area untuk wisata kuliner dan ekonomi kreatif,” ucap Ridwan.

Banyu Leisure mirip seperti pujasera namun dengan konsep lebih moderen. Selain jadi pusat jajanan, lokasi itu juga dilengkapi tempat potong rambut (barbershop) dan fasilitas olah raga.

“Tanahnya milik PDAM yang nempel ke jalan Ciung Wanara, saya hanya mengarahkan saja,” ungkapnya.

Melihat program itu mendapat respons positif dari masyarakat, ia pun berencana melakukan revitalisasi serupa di kawasan sepi lainnya di Bandung. Salah satu proyek terdekat yakni membangun Korea Street di Jalan Banten.

“Sehingga nanti di mana ada daerah-daerah sepi termasuk Jalan Korea yang rencananya dibangun di Jalan Banten. Itu salah satu yang sedang kita siapkan dengan konsep tadi namanya revitalisasi jalan sepi,” ungkapnya.

Selain untuk membangun ruang ekonomi baru bagi masyarakat, revitalisasi jalan sepi juga berfungsi untuk menekan aksi kriminalitas di jalan raya yang kerap dilakukan di kawasan sepi Kota Bandung.

“Sehingga di Bandung sebagai kota jasa, kota ekonomi, sebetulnya sederhana di hidupkanlah jalan-jalan yang tidak punya nilai tambah ekonomi dengan kegiatan ritel sehingga ekonomi bergerak, pengangguran berkurang, dan jalan jadi ramai,” jelasnya.

(peh/kps)

 

Loading...

loading...

Feeds