Petani Mulai Resah Hadapi Kemarau, Pemerintah Harus Segera Bergerak

Pertanian di Kabupaten Bandung. FOTO: Hakim Baihaqi

Pertanian di Kabupaten Bandung. FOTO: Hakim Baihaqi

 


POJOKBANDUNG.com – Sebagian petani di Kabupaten Bandung mengaku khawatir dengan musim kemarau saat ini.

Hal itu dikarenakan pada beberapa tahun kebelakang saat musim kemarau selalu terjadi gagal panen. Selain itu, wabah tikus juga mengancam.

Yana Suryana, petani komoditas padi di Desa Lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung mengaku setiap musim kemarau area persawahan miliknya menjadi kering.

Tidak hanya itu adanya tikus dan pertumbuhan serangga lambat laun mematikan tanaman padi miliknya tersebut.

“Kemarau selalu bikin saya dan petani lainnya kerepotan,” kata Yana saat ditemui di area persawahan miliknya, Rabu (19/7/2017).

Baca Juga:

Lahan Pertanian di Rancaekek Tergeser Pabrik

Kementrian Pertanian Anggarkan Dana untuk Alat dan Mesin Pertanian 

Ia menambahkan, akibat kemarau tersebut intensitas debu dan polusi kendaraan semakin meningkat di sekitar area sawah. Alhasil, beberapa permasalahan kesehatan seperti batuk kering harus ia idap‎ karena terlalu sering menghirup udara tak layak.

Yana menuturkan dirinya akan menambah benih padi sekitar 6 hari ke depan di area sawah seluas 1.000 tumbak tersebut. Dari semua yang ditanam, keberhasilan panen hanya akan dirasakan 50 persen saja. Baginya kondisi tersebut sangat tidak normal.

“Banyak hambatan yang menganggu area pertanian padi, jadi kemungkinan setiap kemarau selalu terjadi gagal panen,” kata Yana.

Yana pun mengatakan saat ini biaya untuk menanam padi terbilang tidak terjangkau karena harus banyak mengeluarkan anggaran.

Belum lagi harus menyiapkan untuk penyedotan air sungai dengan mesin diesel dikarenakan posisi saluran terhimpit perumahan-perumahan baru.

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …