Pertama Sekolah, “Booking” Bangku Sebulan sebelum Masuk Hingga Paku Tas di Meja

Salah satu perwakilan anak didik memaku tas di atas meja di SDN 1 Dompyong Wetan, Kabupaten Cirebon, Minggu malam (16/7). Meja itu menjadi pilihan peserta didik baru. (Abdul Hamid/Radar Cirebon/JawaPos.com)

Salah satu perwakilan anak didik memaku tas di atas meja di SDN 1 Dompyong Wetan, Kabupaten Cirebon, Minggu malam (16/7). Meja itu menjadi pilihan peserta didik baru. (Abdul Hamid/Radar Cirebon/JawaPos.com)

“Teman-teman Dara melakukan hal yang sama, memilih tempat duduk di sekolah. Jadi, anak saya ini ikut-ikutan. Ya, mau nggak mau harus diturutin. Kalau nggak ya nangis,” ungkapnya.


Selain SDN 1 Dompyong Wetan, beberapa sekolah menemui hal serupa. Hal itu dilakukan karena para orang tua berharap anak-anaknya rajin belajar di tempat pilihan sendiri.

Hari ini memang menjadi hari pertama anak didik kembali ke sekolah. Bukan hanya anak yang antusias menyambut hari pertama masuk sekolah, sederet orang tua juga mengaku memiliki persiapan khusus untuk mendukung sang anak.

BACA JUGA:

Ini Tips Membantu Anak Saat Menghadapi Hari Pertama Sekolah

Antar Hari Pertama Anak Sekolah, Orangtua Harus Tetap Produktif

Orangtua Jangan Paksakan Kehendaknya kepada Anak, Berbahaya

Orangtua Teman Curhat Terbaik bagi Anak

Orang Tua Harus Mengubah Kebiasaan Ketika Hari Pertama Anaknya Sekolah

Salah satunya adalah yang dilakukan Itta, 30, warga Mundu, Kabupaten Cirebon. Sebelumnya, anak pertamanya memasuki pendidikan PAUD. Pada tahun ini, sang anak masuk ke jenjang TK.

Pada awal tahun pelajaran baru ini, dia berusaha memberikan gambaran bahwa TK tidak jauh berbeda dengan PAUD.

Dia berupaya memberikan cerita positif agar sang anak merasa enjoy. Dia juga berusaha memberikan pemahaman bahwa di TK nanti sang anak tetap bisa bermain dan bertemu dengan teman-teman. Pada hari pertama masuk sekolah, dia memantau sang anak.

“Kalau hari pertama biasanya nemenin karena pasti dia merasa asing. Tapi, sekadar memantau karena kebetulan anak saya lumayan berani,” ucapnya.

(mid/apr/c23/ami/jpg)

Loading...

loading...

Feeds