Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia, Masyarakat Jabar yang Ramah Lingkungan Bakal Dapat Penghargaan

Kepala DLH Jabar Anang Sudarna. FOTO: ATEP KURNIAWAN

Kepala DLH Jabar Anang Sudarna. FOTO: ATEP KURNIAWAN

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat bersiap menggelar puncak Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tingkat provinsi, 17 Juli nanti, di halaman Gedung Sate, Bandung.


“Tema yang diusung yaitu menyatu dengan alam atau connecting people to the nature,” kata Kepala DLH Jabar Anang Sudarna, di Bandung, Kamis (13/7/2017).

Ia meminta masyarakat agar semakin sadar memelihara lingkungan, terutama masalah sampah, baik sampah industri, domestik, maupun sampah pertanian.

Gerakan penyadaran lingkungan sejak 2014 lalu, menurutnya sedikit banyak telah membuahkan hasil, yang ditandai dengan berkurangnya volume sampah di DAS sungai Citarum.

“Bukan berarti sampah di sungai Citarum sudah tidak ada, ya. Tapi saat ini saya berani pastikan sampah di sungai Citarum sudah berkurang cukup signifikan. Lihat saja nggak ada lagi tumpukan sampah seperti di Dayeuhkolot dan titik lainnya,” ungkap Anang.

BACA JUGA:

Ramah Lingkungan, Warga Desa Bendungan Panen Ikan dari Selokan

Pemprov Jabar Kudu Komit Jaga Lingkungan 

Perubahan kondisi itu menurutnya berkat gerakan kebersihan yang dilakukan banyak pihak termasuk DLH Jabar selama ini.

DLH Jabar sendiri sejak lama telah menerapkan program eco village sebagai cara untuk menyadarkan pentingnya memelihara lingkungan.

“Di tengah kendala anggaran, pada 10 taun lalu Citarum mengalami kualitas air terendah sampai grade 4.,” papar Anang seraya menyebut bahwa kondisi sungai Citarum yang semakin mebaik itu tak lepas dari peran masyarakat.

“Sejak tahun 2014 Pak Gubernur (Ahmad Heryawan) mencanangkan gerakan Citarum Bestari, kemudian revitalisasi budaya gotong royong gerakan bersih Citarum.”

Loading...

loading...

Feeds

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …

Lestarikan Pengembangan Kerukunan Umat Beragama

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi bakal optimalkan pencanangan desa sadar kerukunan. Itu dilakukan sebagai upaya dalam menciptakan daerah yang …