Ratusan Pemudik Tewas, Sepeda Motor Paling Banyak Terlibat Kecelakaan

Kemacetan arus mudik di Nagreg (Riana Setiawan)

Kemacetan arus mudik di Nagreg (Riana Setiawan)

Kedepan, lanjutnya, tentu perlu dicari solusi agar masyarakat tidak mudik dengan sepeda motor. ”Ini tugas bersama, Polri dan semua kementerian,” terang mantan Kabidhumas Polda Metro Jaya tersebut.


Menurutnya, sebaiknya masyarakat yang mudik menggunakan kendaraan umum. Mengingat angka kecelakaan kendaraan umum sangat kecil, pada 2017 ini jumlah bus yang terjadi kecelakaan hanya 95 kendaraan. ”Angka itu juga turun dari arus mudik dan balik 2016 yang mencapai 740 kendaraan,” terangnya.

Terkait puncak arus balik, dia menjelaskan bahwa telah dilakukan sejumlah langkah untuk mengurai kepadatan. Untuk di tol Cipali di km 72 dilakukan pengalihan arus menuju ke Panturan Barat, Cirebon dan Palimanan. ”Dilakukan juga contra flow di area itu,” jelasnya.

Soal penyebab kemacetan, dia mengatakan bahwa selain puncak arus balik, rest area yang overkapasitas telah turut andil dalam kemacetan tersebut. ”Rest area tidak cukup menangmpung pengendara yang ingin istirahat. Akhirnya, banyak yang berhenti di bahu jalan dan menimbulkan bottleneck atau penyempitan,” ujarnya.

Masa angkutan lebaran 2017 segera berakhir. Posko angkutan lebaran pun akan ditutup hari ini (3/7) pukul 24.00 WIB. Dari kegiatan yang telah berjalan, mulai dari arus mudik hingga arus balik dinilai jauh lebih baik dari penyelenggaran pada tahun sebelumnya.

(idr/mia)

Loading...

loading...

Feeds