Sampah Kian Jadi Masalah Serius di Kota Bandung

Ilustrasi Petugas Kebersihan

Ilustrasi Petugas Kebersihan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Sampah di Kota wisata seperti Bandung memang menjadi masalah serius. Permasalahan sampah di Kota Bandung belakangan diduga karena tidak ada ketegasan petugas dalam mengambil sikap.


Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Sofyan Hernadi mengatakan harus ada sinergitas antara petugas yang berjaga di lapangan. Dia juga meminta satuan tugas khusus (Satgasus) pelaksanaan Ketertiban,Kebersihan dan Keindahan Pusat Kota dapat lebih tegas.

BACA JUGA:

Sampah Bandung Belum Tuntas, Ridwan Kamil Diminta Tidak Maju Pilgub Jabar

Jelang Idul Fitri, Sampah Kota Bandung Diprediksi Meningkat

Ia menjelaskan, sesuai instruksi Walikota Bandung, Ridwan Kamil, khusus pusat kota dan tempat-tempat wisata harus mendapat perhatian khusus, sehingga dibentuk tim satuan tugas khusus (Satgasus) pelaksanaan Kertertiban, Kebersihan dan Keindahan Pusat Kota.

“Bukan hanya sosialisasi, Satgas harus tegas menegakkan aturan, karena banyak tempat sampah tidak menjadikan wisatawan menyimpan sampah pada tempatnya. Tapi, masih banyak yang membuang sampah dibawah bangku-bangku, dan pot tanaman,” kata Sofyan.

Marah Bandung Dikotori Wisatawan, Ridwan Kamil: Malu Lah dengan Semangat Ramadhan Kemarin

Dari segi fasilitas kebersihan di sejumlah taman dan pusat kota sudah tersedia, namun kesadaran wisatawan yang masih kurang sehingga sampah masih berserak. Untuk mengatasi itu, DLHK Kota Bandung berencana akan membuat tempat sampah dengan kapasitas yang lebih besar.

“Kita akan buat lagi tempat sampah yang lebih besar, namun dengan jarak yang lebiuh jauh untuk mengedukasi masarakat,” ungkapnya.

Apalagi, saat ini walikota sudah melarang makan minum di area rumput sintetis Alun-alun Kota Bandung. “Masalah tempat sampah dicoba dengan pendekatan lain. Pernah dicoba di sepanjang Jalan Braga tidak ada tempat sampah tapi diawasi petugas. Hasilnya bersih,” pungkas Sofyan.

(rub)

Loading...

loading...

Feeds