Inikah Solusi Kemacetan di Jalur Selatan Jawa Barat?

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek saat meninjau Cileunyi, Bandung.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek saat meninjau Cileunyi, Bandung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengaku sudah mengajukan ke pemerintah pusat beberapa rencana pembangunan infrastruktur jalan di jalur selatan arah timur sebagai solusi jangka panjang dalam mengatasi kemacetan.


Namun hingga kini belum ada respons sehingga penanganan kemacetan terutama pada saat hari-hari besar seperti momen Idul Fitri ini dilakukan dengan rekayasa lalu lintas.

Sejak tahun lalu, Pemprov Jabar sudah mengajukan upaya pelebaran jalan dari Limbangan (Garut) sampai Tasikmalaya secara menyeluruh.

BACA JUGA:

H+4 Arus Balik Lebaran, Kemacetan Parah Terjadi di Jalur Gentong. Ini Penyebabnya

Antrean Kendaraan Pemudik Padati Lingkar Gentong, Tasikmalaya

“Atau dibuat jembatan layang di atas jalan yang ada, itu jangka panjang,” ungkap Aher, Sabtu (1/7/2017).

Selain itu, pengajuan proyek jalan tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), di mana studi kelayakannya sudah sampai di tangan pemerintah pusat. Namun sampai sejauh ini juga belum ada respons juga.

“Tol Cigatas. Izin dan proyeknya harus masuk ke rencana nasional, kita sudah memasukkan ke rencana nasional. Tinggal di nasional ditetapkan nanti baru berjalan. Kita nunggu persetujuan dari pusat,” katanya.

Namun, tegas Aher, pemerintah pusat juga memperhitungkan betul dampak ekonomi masyarakat serta investasi dari para investor.

“Yang jelas mudah-mudahan tahunnya kan dihitung secara ekonomi, investasi dari investor,” ujar dia.

Loading...

loading...

Feeds

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …