Fakta Nyeleneh yang Tidak Anda Ketahui tentang Victor Hugo

Google Doodle Hugo GIF by giphy.com

Google Doodle Hugo GIF by giphy.com

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Hari ini Google Doodle memasang foto dan animasi sastrawan masyhur Prancis, Victor Hugo (1802 – 1885 ). Hugo adalah jenius sastra yang karyanya terus bergema hingga kini. Dia juga penulis nyeleneh atawa eksentrik.


Dikutip dari The Telegraph, Jumat (30/6/2017), Victor Hugo adalah penulis beraliran romantisme. Salah satu karya terkenalnya antara lain The Hunchback of Notre Dame. Roman ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Si Bongkok dari Notre Dame.

The Hunchback of Notre Dame lalu segera menempati kanon sastra. Berikut adalah fakta-fakta unik seputar penulis eksentrik tersebut yang belum banyak terungkap:

17 Tahun Menulis Les Miserables

Hugo pertama kali menggagasan novel yang mengeksplorasi ketidakadilan dan kemiskinan sosial pada 1830-an. Ide awalnya sudah muncul setahun setelah terbitnya The Hunchback of Notre Dame sampai tahun 1862.

Baca Juga:

Soenda Berita, Cikal Bakal Pers Nasional Lahir di Cianjur

Soenda Berita di Masa Penjajahan, Mencerdaskan Pribumi dan Menerima Penulis Perempuan

Tan Malaka di Gedung DPR, Imuwan Belanda Berkaca-kaca

Penulisan Les Miserables—karya monumental Hugo lainnya—diyakini memakan waktu 17 tahun! Les Miserables menjadi novel terpanjang yang pernah ditulis, berisi 655.478 kata.

Cara nyeleneh dalam menulis

Ketika Hugo tidak dapat memikirkan kata-kata apa yang harus ditulis di atas kertas, ketika kepalanya membentur tembok kebuntuan, maka ia memiliki trik tak biasa.

Dia akan melepaskan bajunya dan memberikannya kepada pelayan sebelum mengunci dirinya di ruangan yang hanya berisi pena dan kertas.

Beberapa orang berspekulasi bahwa Hugo mengenakan selimut selama menulis, tapi yang lain percaya bahwa dia menulis sambil telanjang.

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …