Asal Tahu Triknya, Mobil Bisa Irit Bahan Bakar Saat Macet-Macetan Balik Mudik Lebaran

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- MOMEN mudik merupakan tradisi yang selalu dilakukan sebagian penduduk Indonesia menjelang Lebaran. Jumlah pemudik setiap tahun selalu bertambah. Ada banyak moda transportasi yang bisa dipilih pemudik. Mulai pesawat, kapal, kereta api, bus, maupun kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

Meski setiap tahun selalu dirundung macet, tak sedikit pemudik yang tetap memilih menggunakan kendaraan pribadi. Momen kebersamaan bersama keluarga lebih terasa dan tentu saja pemudik cukup bebas untuk berhenti di tempat yang disukai.

Sayang, berkendara tidak benar saat macet dapat membuat konsumsi bahan bakar meningkat. Penghematan perlu dilakukan terutama saat berada di jalan tol dengan kemacetan cukup panjang. Jika macet atau berhenti agak lama, usahakan bergerak sedikit mungkin. Jangan sedikit-sedikit di gas.

Sangat direkomendasikan untuk memainkan gas secara stabil. Sebab, jika main buka tutup gas secara spontan, secara tidak sadar akan kita lakukan saat macet. Usahakan buka tutup gas secara perlahan dan lembut. Saat harus mengantre atau berhenti lebih lama, kendaraan bisa dinetralkan terlebih dahulu. Hal tersebut bisa berpengaruh atau menghemat konsumsi bahan bakar saat macet.

Cek juga tekanan ban mobil. Harus pas sesuai ukuran agar mobil tidak bekerja terlalu berat. Usahakan beban mobil jangan sampai kelebihan muatan. Bawalah barang secukupnya. Selain nyaman, muatan yang tidak berlebih dapat menghemat bahan bakar lantaran beban kendaraan lebih kecil.

(jpg/ca/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …