H+4 Arus Balik Lebaran, Kemacetan Parah Terjadi di Jalur Gentong. Ini Penyebabnya

Antrean kendaraan memadati jalur Selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/6). Memasuki H+4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Bandung dan Jakarta terpantau padat dan puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+5 dan H+6 Lebaran. (Foto: Riana Setiawan)

Antrean kendaraan memadati jalur Selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/6). Memasuki H+4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Bandung dan Jakarta terpantau padat dan puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+5 dan H+6 Lebaran. (Foto: Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com- KORLANTAS Polri terus melakukan pemantauan terhadap jalur-jalur yang digunakan pengendara saat arus balik. Salah satunya di jalur selatan di Tanjakan Gentong, Malangbong, dan Limbangan.


Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, kepadatan itu disebabkan kontur jalan yang kecil untuk dua arah dan jumlah kendaraan yang tinggi. “Kemudian adanya pasar tumpah maupun aktivitas pasar dan banyaknya masyarakat yang menyeberang karena tidak adanya jembatan penyeberangan,” kata dia, Kamis (29/6).

Selain itu, kata Royke, penyebab kepadatan karena masih adanya arus pengendara lokal yang masih bersilahturahmi maupun ke tempat rekreasi. “Ada yang ke wilayah Tasik dan Garut,” sambung dia.

Untuk bisa mengurai kepadatan, menurut Royke mereka melakukan berbagai strategi. Salah satunya, rekayasa lalulintas yang diambil agar kepadatan terurai. “Itu diberlakukan sistem buka tutup situasional satu arah di Cikaledong,” kata dia.

Dia menambahkan, dengan adanya surat imbauan Menhub tentang penundaan mulainya masa operasional kendaraan angkutan berat sampai tanggal 3 Juli, Korlantas sangat mengharapkan kepada para pemilik angkutan berat dan ekportir serta importir dapat memenuhi hal itu.

“Karena kalau truk sudah turun ke Jalan. Bisa dipastikan kemacetan bakal terjadi. Hal ini mengingat kontur dan kapasitas jalan yang terbatas akan menambah kepadatan jalan,” tukas dia.

Sementara itu, dari pantauan, kemacetan terjadi di jalur Selatan Lingkar Gentong, Kab Tasikmalaya, Kamis (29/6) atau memasuki H+4 Lebaran. Antrean kendaraan terpantau mengular hingga sekitar 4 kilometer.

(elf/jpg/rianasetiawan/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …