Di Sinikah Jamaah Ansor Daulah Melakukan Pelatihan? Simak Penelusurannya

DIPORTAL: Lokasi menuju yayasan dipasangi portal oleh warga agar mobil tak dapat masuk. Foto: Azis/Radar Bogor

DIPORTAL: Lokasi menuju yayasan dipasangi portal oleh warga agar mobil tak dapat masuk. Foto: Azis/Radar Bogor

POJOKBANDUNG.com – Lahan tertutup seluas tiga hektare di pedalaman Sukaresmi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, mendadak jadi sorotan publik.


Beredar pesan berantai di aplikasi WhastApp yang menyebut area milik Pemkab Bogor, itu menjadi tempat latihan kelompok radikal Jamaah Ansor Daulah (JAD), kelompok yang berafiliasi dengan ISIS.

Radar Bogor (Pojoksatu Group) kemudian mencoba menelusuri informasi tersebut dengan mendatangi tempat yang dimaksud.

Baca Juga:

Teroris Mapolda Sumut Sehari-hari Dagang Jus

Teroris Serang Polda Sumut, 1 Anggota Tewas Ditikam

Di Rumah Terduga Teroris yang Hanya Pengusaha Barang Kreditan di Cianjur Ditemukan Puluhan Peluru

Lokasi yayasan bernama Al-Izzah Al-Haq di Kampung Tanjakan Gombong, RT 07/07, Desa Sukaresmi, itu cukup terpencil.

Sekitar satu kilometer dari jalur utama desa. Akses yang dapat digunakan berupa jalan tanah berbatu dengan pohon-pohon besar di sisi kanan dan kiri.

Di perkampungan terdekat, beberapa warga yang ditemui mengaku tak terlalu mengetahui aktivitas di sana. Kesannya ekslusif, tertutup, hingga kerap menimbulkan isu negatif.

“Penghuninya tidak pernah menyapa masyarakat. Sama saja dengan pengelolanya,” tutur Safei Anwar (33), warga Kampung Tanjakan Gombong.

Safei mengaku mendengar adanya kegiatan pengajian dan olahraga sejenis out bound di dalam lahan tertutup itu. Senada, Burhanuddin (29), menyebut yayasan itu bersikap eksklusif dan tak sedikitpun berkontribusi pada warga sekitar.

“Acara hari besar Islam seperti Maulidan, Isra Miraj tidak pernah dilakukan di sana. Selain itu, (yayasan,red) tak memberi manfaat bagi warga sekitar,” tukasnya.

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …