Cijapati-Kamojang, Jalur Alternatif Ekstrem Favorit Pemudik

jalur alternatif via Cijapati dan Kamojang, Kecamatan Ibun, Kab Bandung. (Hakim Baihaqi)

jalur alternatif via Cijapati dan Kamojang, Kecamatan Ibun, Kab Bandung. (Hakim Baihaqi)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Saat jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung mengalami kemacetan parah, pemudik memanfaatkan jalur alternatif via Cijapati dan Kamojang, Kecamatan Ibun, Kab Bandung.


Jalan penghubung antara Kab Bandung dan Kab Garut, itu merupakan alternatif bagi pemudik tujuan Tasikmalaya, Banjar dan kota-kota Jawa Tengah bagian selatan.

BACA JUGA:

Puncak Arus Balik di Lingkar Nagreg Diprediksi Terjadi Sabtu

Arus Balik Mulai Terlihat di Nagreg, Lalu Lintas Masih Lengang

‎Selain itu, untuk sebaliknya para pemudik maupun wisatawan dari arah Garut menuju Bandung bisa memanfaatkan pula jalur tersebut sebagai alternatif saat Jalur Nagreg tidak mampu membendung volume kendaraan.

‎Namun perlu diperhatikan, kedua jalur alternatif tersebut tepat berada diatas ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut (mdpl) lebih dengan kondisi jalur curam menanjak dan ditambah pula tikungan tajam minim pembatas jalan.

Kapolsek Ibun, Asep Dedi, mengatakan jalur tersebut didominasi pemudik sepeda motor dengan rata-rata 20 kendaraan setiap menit. Untuk kendaraan mobil hanya 15 mobil per menit. ‎”Tidak hanya kendaraan dari arah Kota Bandung saja, terlihat ada pula kendaraan berplat B (Jabodetabek),” kata Asep, Kamis (29/6).

‎Asep mengatakan sebagian besar para pemudik yang menggunakan mobil sebagian besar keluar dari Gerbang Tol Buah Batu kemudian menuju jalan Bojongsoang, Cip‎aray dan Majalaya. Sementara untuk motor berasal dari arah Cicalengka sebelum Nagreg. “Karena sudah mengetahui informasi jalur Nagreg padat, jadi pemudik mengurungkan keluar melewati gerbang tol Cileunyi,” ujarnya.

Ia pun menambahkan para pemudik sebagian besar tidak mengetahui medan jalur yang ditempuh. Guna meningkatkan keamanan pihaknya lakukan beberapa langkah preventif dengan menerjunkan sebagian petugas untuk mengarahkan hingga Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut.

Loading...

loading...

Feeds

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …