Jurus Jitu Atasi Gangguan Pencernaan Akibat Santap Menu Lebaran

Rendang salah satu sajian yang selalu ada di setiap hari raya Idul Fitri.
Rendang salah satu sajian yang selalu ada di setiap hari raya Idul Fitri. (Dery Ridwansyah/ Jawa Pos)

Rendang salah satu sajian yang selalu ada di setiap hari raya Idul Fitri. Rendang salah satu sajian yang selalu ada di setiap hari raya Idul Fitri. (Dery Ridwansyah/ Jawa Pos)

POJOKBANDUNG.com – Makanan melimpah di hari lebaran bisa bikin pola makan tidak teratur. Akibatnya, lambung atau pencernaan bisa terganggu.


Padahal, setelah sebulan berpuasa, tubuh masih memerlukan adaptasi. Makanya, saat menyantap makanan di hari raya, sebaiknya tetap menahan diri.

Dilansir Boldsky, Minggu (25/6/2017), makan terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan sesak napas karena perut menekan diafragma.

Baca Juga:

Menteri Susi Minta Warga Ganti Menu Lebaran dengan Ikan, Jika Tidak… 

Menu Buka Puasa bagi yang Lagi Diet? Ini Rekomendasinya 

Karena itu, ikuti enam saran ini agar terhindar dari gangguan pencernaan.

1. Mulai dengan Salad
Sebelum menyantap menu santan dan ketupat, sebaiknya menyantap salad. Kemudian dahului dengan buah. Sehingga perut sudah merasa kenyang sebelum menyantap makanan berlebihan dan meningkatkan metabolisme tubuh serta pencernaan.

2. Hindari Terlalu Banyak Makanan Berminyak

Bahkan jika sistem pencernaan sedang lemah, makanan berminyak wajib dihindari. Mengonsumsi banyak makanan berminyak bisa merusak lapisan perut, terutama pada keadaan rentan setelah 30 hari berpuasa.

Terlalu banyak makanan berminyak menyebabkan gangguan pencernaan juga.

3. Hati-hati dengan Asupan Garam

Terlalu banyak garam meningkatkan tekanan darah dan bisa merugikan jantung. Apalagi ditambah dengan menu santan yang meningkatkan kadar kolesterol.

4. Gizi Seimbang

Makan makanan seimbang dari mulai karbohidrat, protein dan sayuran. Idealnya piring harus diisi dengan setengah porsi sayuran, seperempat bagian protein dan seperempat porsi karbohidrat.

Ikan, daging, dan ayam tetap harus diimbangi dengan sayuran hijau.

5. Jangan Terlalu Banyak Makan

Niat dan tekadkan kepada diri sendiri untuk tidak terlalu banyak makan. Makan terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Makanan dalam porsi cukup membuat pencernaan bekerja lebih ringan.

6. Minum Banyak Air

Menjaga diri terhidrasi akan menambah kadar glikogen dan juga membuat tubuh merasa lebih segar. Air putih juga baik sebagai detoks untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

(cr1/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …