Buat Jombloers yang Mudik, Sudah Siap Ditanya Kapan Nikah?

Ilustrasi meme tulisan pemudik sepeda motor

Ilustrasi meme tulisan pemudik sepeda motor

POJOKBANDUNG.com- PERTANYAAN kapan menikah sepertinya akan menjadi ucapan paling horor bagi para lajang saat lebaran tiba.


Tidak peduli laki-laki, maupun perempuan. Saat seluruh keluarga dan kerabat berkumpul, hati suka dagdigdug. Khawatir pertanyaan  yang suka bikin mati kutu terlontar karena bisa terbawa perasaan alias baper.

BACA JUGA:

Malam Takbiran Sambut Idul Fitri Baiknya Dimana?

Makna Idul Fitri Bisa Rusak karena Obrolan ‘Membahayakan’ Saat Kumpul Keluarga

Eits, Jangan sedih! Anggap pertanyaan itu sebagai doa. Doa yang segera dikabulkan Tuhan, bahwa jodoh pasti datang. Tak usah iri dengan sepupu yang mempunyai kekasih atau suami ganteng. Tak usah miris juga saat melihat sepupu yang lebih muda justru sudah mempunyai momongan.

Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati mengajak seluruh lajang tetap optimis dan tidak sedih. Pertanyaan seputar jodoh di momen-momen besar memang sudah menjadi budaya Timur yang harus dimaklumi. Anggaplah itu sebagai wujud kasih sayang dari keluarga yang ikut memerhatikan nasib para jomblo.

“Secara kultural masyarakat kita ini sifatnya komunal yang memang sifatnya menghargai peran dan fungsi keluarga,” jelasnya.

Loading...

loading...

Feeds

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …