Ratusan Ketua Rombongan Haji Jabar Diminta Tidak Menakuti Jamaah

Gubernur Aher menyematkan rompi ke petugas ketua rombongan jemaah haji Jawa Barat

Gubernur Aher menyematkan rompi ke petugas ketua rombongan jemaah haji Jawa Barat

 


POJOKBANDUNG.com – Sebanyak 384 Ketua Rombongan (Karom) jemaah haji Jawa Barat untuk keberangkatan haji tahun 1438 H/ 2017 mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari Kementerian Agama.

Kegiatan pembinaan bagi angkatan pertama ini, dilakukan di Asrama Haji Bekasi Jalan Kemakmuran nomor 72 Kota Bekasi, 17 – 19 Juni 2017.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meresmikan langsung pembinaan tersebut sekaligus memberikan arahan kepada para karom.

Karom berasal Kabupaten Bogor (85 orang), Kota Bogor (24 orang), Depok (42 orang), Kota Sukabumi (42 orang), Cianjur (33 orang), Kabupaten Bekasi (54 orang), Karawang (53 orang), Subang (29 orang), dan  Purwakarta (18 orang).

“Pembinaan ini sangat penting bagi kelancaran penyelenggaraan haji terutama sisi kesiapan Karom yang handal, kompeten dan profesional di lapangan,” ujar Aher, Sabtu (17/06/2017).

Total karom jemaah haji Jabar sendiri berjumlah 768 orang di mana satu orang karom akan menaungi 40 jemaah haji. Untuk tahun ini, Jabar mendapatkan jatah kuota haji sebanyak 38.626 atau bertambah dari tahun sebelumnya yang sebesar 28 Ribu.

Jatah kuota tersebut didistribusikan merata ke 27 Kabupaten dan Kota, kecuali Kota Cimahi dan Banjar mendapatkan jatah 20 persen dari jumlah tersebut.

Sementara Indonesia juga mendapatkan tambahan kuota khusus dari Raja Salman Bin Abdul Azis Al Saud sebesar 10 Ribu sebagai kompensasi dari telah diselesaikannya renovasi Masjidil Haram.

Dengan begitu total keseluruhan kuota haji Indonesia untuk tahun ini sebanyak 220 Ribu.

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Pemprov Alokasikan Perbaikan 150 Rumah Rusak

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kerusakan rumah warga akibat bencana banjir di Kabupaten Bekasi mulai diinventarisasi agar bisa segera diperbaiki. Pemerintah Daerah …