Mudik Lebaran, Begini Strategi Pemerintah Agar Tragedi ‘Horor’ Brexit Tak Terulang

Foto: Jawa Pos

Foto: Jawa Pos

Buyung menjelaskan, kondisi pintu keluar Brebes Timur sudah berbeda dibanding tahun lalu. Kali ini ada tambahan sepuluh pintu keluar dari Brebes Timur hingga Weleri, Kendal. Selain itu, peristiwa Brexit tahun lalu salah satunya dipicu karena semua pintu tol dibuk, seperti Cikopo hingga Martapada, Cirebon dibuka. Sehingga tidak ada gate lagi yang menahan arus lalu lintas.

Untuk itu, pengaturan arus mudik kali ini akan dilakukan buka tutup pintu tol Palimanan, Cirebon. Jika ada penumpukan, atau arus tersendat, maka pintu ditutup.

“Koordinasi dengan korlantas untuk deteksi dini, kalau ada kemacetan di satu titik, Dishub akan menggunakan sistem tahan. Ditahan agar terurai. Jadi  tidak tertumpuk di satu pintu,” imbuhnya.

Buyung menambahkan, pihaknya pun sudah mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yang bisa mengganggu kelancaran arus lali lintas atau yang membahayakan keselamatan.

“Kami berkoordinasi dengan beberapa kementerian, seperti kesehatan dan lembaga seperti Basarnas. Korlantas akan menggunakan motor jika ada mobil kehabisan bensin. Basarnas akan menggunakan helikopter untuk memberikan bantuan di satu titik jika ada kondisi gawat darurat,” pungkasnya.

(bbb)

 

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …