Aher Gembira Hari Libur Cuti Bersama Idul Fitri 2017 Bertambah

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di sela tinjauannya ke beberapa SMK di Bandung yang menggelar UNBK, Senin (03/04/2017).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di sela tinjauannya ke beberapa SMK di Bandung yang menggelar UNBK, Senin (03/04/2017).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah pusat memberlakukan perpanjangan cuti bersama lebaran menjadi lima hari. Perpanjangan cuti diharapkan berpengaruh signifikan pada kelancaran arus mudik dan balik.


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Jumat (16/6/2017), mengatakan, perpanjangan itu akan sangat baik dalam konteks menata mudik karena membuat pemudik mempunyai banyak pilihan memutuskan waktu  mudik.

BACA: Asyik! Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama 2017

Pasalnya, bila tidak ada penambahan cuti, para pemudik akan menumpuk di satu hari atau tanggal 24 Juni sebelum hari H Lebaran.

“Dampaknya pasti akan terjadi kemacetan di jalur-jalur mudik. Kebayang macetnya seperti apa? Diberi jeda dua hari, lebih bagus. Malah saya inginnya 3-4 hari,” ucapnya.

Terlebih, Jawa Barat merupakan daerah lintasan dan tujuan mudik. Sehingga setiap tahunnya selalu saja terjadi kepadatan saat musim mudik Lebaran berlangsung.

“Ini kebijakan tepat, keputusan yang bijak. Apalagi Jabar jadi provinsi paling padat mudik. Jadi wajar kalau saya paling menyambut,” ucapnya.

Seperti diketahui, penambahan cuti bersama tersebut diatur dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 18/2017 tentang Cuti Bersama 2017.

Dalam Kepres yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Juni, pemerintah menetapkan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah bertambah menjadi 5 hari, yakni tanggal 23, 27, 28, 29, dan 30 Juni 2017 (Jumat, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat).

Penambahan cuti bersama ini juga tidak mengurangi jatah cuti tahunan PNS sebanyak 12 hari.

(bbb)

Loading...

loading...

Feeds

Jabar Surplus Stok Pangan Jelang Libur Nataru

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memastikan ketersediaan stok 11 komoditas pangan strategis di 27 kabupaten/kota menjelang Libur …
ribuan buruh dmeo depan gesat

UMK 2023 di Jabar Resmi Ditetapkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Barat tahun 2023 pada …

Tangis Haru Antar Jenazah Aipda Sofyan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Peristiwa bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar pada Rabu pagi (7/12), menyisakan duka mendalam bagi keluarga korban, …