Pondok Pesantren di Cileunyi Ini Gratiskan Biaya Pendidikan Para Santri

Umar Taslim, Pendiri Pondok Pesantren Darul Musafir di Kampung Paledang, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, membebaskan seluruh biaya pendidikan agama dan pendidikan umum kepada para santrinya.

Umar Taslim, Pendiri Pondok Pesantren Darul Musafir di Kampung Paledang, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, membebaskan seluruh biaya pendidikan agama dan pendidikan umum kepada para santrinya.

POJOKBANDUNG.com, CILEUNYI –Sejatinya, pendidikan adalah hak semua manusia, Pondok Pesantren Darul Musafir membebaskan seluruh biaya pendidikan agama maupun pendidikan umum kepada para didikannya.


Pondok yang sudah berdiri sejak 2015 dan berlokasi di Kampung Paledang, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung ini memiliki misi penting sama halnya dengan pondok pesantren pada umumnya, yaitu menggali potensi anak yang sebagian besar dikatakan mampu secara pola pikir, namun terkendala tidak mampu secara finansial.

BACA: Ramadan, Momentum Membersihkan dan Menyucikan Diri

Diprakarsai Umar Taslim, melihat keprihatinan terhadap pendidikan di Indonesia saat ini. Dirinya melihat bahwa seiring kemajuan teknologi dan informasi, sebagian penyelenggara pendidikan cenderung memberlakukan biaya yang mencekik para orangtua calon siswa.

Keunikan dari Pondok Pesantren ini yaitu seluruh santri tidak hanya berasal dari daerah Bandung dan sekitarnya. Namun ada beberapa santri yang berasal dari daerah Indonesia bagian timur yaitu NTT.

BACA: Hai Gadis! Begini Tips Memilih Pakaian Syari yang Tidak Ribet tapi Tetap Modern

“Selain dari NTT, santriwan dan santriwati berasal juga dari Garut Cibalong, Cikelet serta dari Jawa Tengah Semarang,” kata pria asal Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu saat ditemui di Pondok Pesantren Darul Musafir, Jalan Villa Bandung Indah, Kampung Paledang, Desa Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi.

Untuk mencerdaskan anak bangsa, ia mengatakan generasi muda adalah mereka yang harus berpartisipasi dalam kemajuan negeri. Tak pernah memaksakan biaya sepeserpun untuk penyelenggaraan pendidikan, Umar menyebutkan bahwa ini adalah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT.

“Semua program gratis untuk santri SD hingga SMA dan untuk yang masuk jenjang kuliah hanya disediakan tempat tinggal, sementara biaya kuliah saya sarankan kepada mereka untuk nyambil kerja,” ucapnya.

Sebagai pengusaha yang bergerak di bidang perikanan, Dirinya mengatakan bahwa sebagian dari penghasilannya tersebut ia pergunakan untuk kebutuhan pondok pesantrennya tersebut. Tidak hanya itu, ia pun mengaku bahwa ada pula  donatur yang memberikan bantuan tunai maupun non tunai.

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …