Ternyata Harga Opini WTP Kalau Lewat Suap Oknum BPK Hanya Segini

Auditor BPK Ali Sadli menjadi tahanan KPK (Miftahul Hayat/Jawa Pos)

Auditor BPK Ali Sadli menjadi tahanan KPK (Miftahul Hayat/Jawa Pos)

KPK menjerat Rochmadi dan Ali dengan pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau pasal 13 UU 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Sedangkan Sugito dan Jarot dikenai pasal 12 huruf a atau b atau pasal 11 UU 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tipikor.


Laode mengatakan, selain mempelajari uang di luar commitment fee yang disita penyidik, pihaknya akan menggali informasi tentang asal duit Rp 240 juta yang digunakan Sugito untuk menyuap auditor BPK.

Hal itu penting dilakukan. Sebab, urusan yang menjadi objek suap umumnya diselesaikan secara kelembagaan. Bukan individu ke individu. “Itu akan menjadi bagian penyidikan.”

Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara berjanji mendukung upaya KPK menegakkan hukum terhadap dua pejabatnya tersebut. Pihaknya menilai kasus itu sebagai pembelajaran untuk lebih serius menjaga kredibilitas BPK.

“Kami akan mengikuti proses hukum yang sedang berjalan,” tutur pria yang baru satu bulan menduduki kursi ketua BPK tersebut.

Apakah predikat WTP Kemendes PDTT akan dianulir? Moermahadi belum bisa memastikan. Pihaknya masih perlu melihat secara mendalam hasil penyidikan KPK. Sejauh ini penyidik KPK belum memberikan gambaran umum terkait objek suap dalam OTT tersebut. “Kalau secara teori, kalau ada kesalahan bisa restatement,” ujarnya.

Terpisah, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan, setelah penetapan sebagai tersangka oleh KPK, pihaknya segera mengevaluasi posisi Sugito sebagai inspektur jenderal. “Besok pagi (hari ini, Red) akan kami rapatkan untuk mekanisme penggantiannya,” ujar dia.

Menurut aturan, pejabat yang telah berstatus tersangka harus dicopot dari jabatannya. Namun, Eko mengaku masih akan menunggu proses hukum yang berjalan. “Kalau nanti tidak terbukti bersalah, ya pasti hak-hak beliau dikembalikan,” katanya.

Hasil OTT di Ruang Auditor BPK Ali Sadli:

Loading...

loading...

Feeds