PMI: Stok Darah di Bandung Aman Selama Bulan Ramadan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – PMI Kota Bandung memastikan bahwa stok kantong darah di Bandung mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan 2017.


Wakil Ketua 3 PMI Kota Bandung Ace Kusnadi mengatakan stok darah di unit transfusi darah untuk PRC (packed red cell) terdiri dari 2.427 labu, yaitu golongan A 159 labu, golongan B 999 labu, golongan O 1.179 labu dan golongan AB 99 labu.

Selanjutnya untuk stok darah putih (Thrombocyte Concentrate) terdiri dari 118 labu, dengan rinciannya golongan darah A 32 labu, golongan darah B 15 labu, golongan darah O 46 labu dan golongan darah AB 25 labu. Sementara darah WB (Whole Blood) ada 3 labu tersedia.

“Dari stok yang ada, diperkirakan mencukupi untuk 2- 3 hari ke depan. Yang biasa banyak permintaan jenis PRC,” ucapnya.

Ace mengakui stok darah selama Ramadan biasanya mengalami penurunan. Sehingga, pihaknya mengantisipasi permintaan yang tinggi dengan membuka pelayanan donor dalam non stop 24 jam kepada masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, PMI Kota Bandung juga akan melakukan jemput bola dengan menggelar donor darah di tempat-tempat ibadah atau lokasi sesuai permintaan pendonor. Namun, diharapkan pendonor sifatnya kelompok.

“Jadi kami akan datang ketika sudah ada 10 orang yang mau mendonor. Tempatnya tergantung permintaan pendonor. Bisa di masjid atau tempat lainnya,” ungkap dia.

“Kalau kekurangan juga kita akan kontak KDD atau instansi supaya anggotanya untuk mendonorkan darahnya,” tutupnya.

(nda)

Loading...

loading...

Feeds