Dinyatakan Aktif, Ahli ITB Ingatkan Potensi Gempa Patahan Lembang

Sesar Lembang

Sesar Lembang

POJOKBANDUNG.com, MASYARAKAT diharapkan waspada potensi sesar Lembang yang sudah dipastikan aktif.

Ahli Teknik Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB), Irwan Meilano, potensi gempa yang dihasilkan dari aktivitas sesar Lembang bisa sangat besar dengan skala magnitudo 6,5-7 Skala Richter dan dengan fakta kalau di sepanjang sesar Lembang ada jutaan masyarakat yang bermukim.

BACA: Waspada! Kawasan Lembang Diintai Gempa Berkekuatan Besar

“Tentunya semua pihak harus mulai waspada, baik pemerintah dan masyarakat,” kata Irwan di Cimahi.

Kendati demikian, dia mengharapkan masyarakat tak panik dengan kabar bahwa sesar Lembang itu aktif dan bisa menimbulkan gempa yang sangat besar.

“Masyarakat bisa memperkokoh infrasturktur bangunannya dan dalam kondisi yang baik,” ujarnya.

Selama ini, korban bencana gempa bumi disebabkan tertimpa reruntuhan bangunan. Karena jika berbicara goncangan yang keras tidak melulu linear dengan kerusakan yang parah.

“Bagaimana dengan yang ada di wilayah Lembang? Sebagai awalnya, jelas goncangan akan sangat terasa tapi kalau infrasutruktur bangunannya sesuai kaidah rekayasa bangunan, goncangan akan terasa tapi tingkat kerusakannya bisa tidak parah,” ungkapnya.

Soal dampak sesar Lembang terhadap Gunung Tangkubanparahu, Irwan menyebutkan tidak akan berpengaruh terhadap aktifitas Tangkubanparahu. Terlebih, selama ini jarang terjadi gempa menjadi pemicu gunung api yang aktif.

“Menurut hemat saya tidak akan berpengaruh. Tapi tetap harus waspada dan antisipasinya harus sudah disiapkan,” tandasnya.

(gat)

loading...

Feeds

Waduh! Persib Pecat Gomez

Mantan pelatih Johor Darul Takjim itu harus menyelesaikan masa baktinya di klub kebanggaan Bobotoh lebih dini dari durasi kontraknya. Kontraknya …

Waduh! KPK OTT Bupati Cianjur

Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), di daerah Jawa Barat. Dalam operasi kedap …

BRI Ajak Mahasiswa Unpad Kembangkan UMKM

Dukungan UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di era teknologi makin dilirik kalangan perbankan, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).  Untuk menyukseskannya …

Pasukan Khusus Siap Hadapi KKSB di Nduga Papua

Insiden penembakan berdarah yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Seperatis Bersenjata (KKSB) di Kabupaten Nduga, Papua, menjadi perhatian serius Polda Sulawesi Selatan (Sulsel). …