Besok, Jamaah An Nadzir Mulai Puasa

Jamaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Jamaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

POJOKBANDUNG.com – Jamaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, kembali memulai puasa Ramadan lebih awal. Mulai besok, mereka menjalankan puasa Ramadan.


Jamaah An Nadzir menyepakati 1 Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada Kamis, Kamis (24/5/2017).

Ustaz Lukman, petinggi An Nadzir, mengatakan, telah melakukan pemantauan terhadap perjalanan bulan Sya’ban, dan sudah disepakati Ramadan masuk mulai besok.

“Kami akan berpuasa menyambut Ramadan pada esok hari,” kata Lukman kepada IniKata (Fajar Group/grup Pojokbandung), Rabu (24/5/2017).

Baca Juga:

Jelang Ramadan, Stok Gas Elpiji 3 Kg Dipastikan Aman dengan Harga Paling Mahal Rp20 Ribu

Jelang Ramadan, Ini yang Paling Banyak Dicari di Google dan Youtube

“Lantaran masuknya 1 Ramadan besok sekitar 09.00 Wita. Namun belum sempurna. Kemungkinan full-nya pada Jumat, 25 Mei 2017.”

Jamaah An Nadzir yang berpusat di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, kata Lukman, telah melakukan penghitungan dengan menggunakan metode hisab, rukyah, dan tanda alam.

“Ada tanda-tanda alam yang kami amati, seperti misalnya air pasang, terbitnya bulan di subuh hari, fajar sidik jam berapa masuk,” jelasnya.

Menurut Lukman, fajar sidik merupakan proses menentukan batasan antara malam dan siang. Pada Kamis dini hari, fajar sidik (menjelang matahari terbit) akan terjadi sekitar pukul 05.00 Wita.

“Berarti secara otomatis, tidak ada lagi bulan besoknya. Kalaupun ada, hanya muncul pukul 06.00 Wita lewat. Begitu juga untuk penentuan akhir Ramadan, yakni 1 Syawal, melalui hisab, rukyah, dan fenomena alam” tukasnya.

(yudha/fjr/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …