Kemenkominfo Sarankan Perkantoran Besok Cegah Serangan Virus WannaCry, Ini Caranya

Ilustrsai (ist)

Ilustrsai (ist)

“Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file-file yang sudah terinfeksi WannaCry. Akan tetapi memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran WannaCry ke komputer lain yang rentan,” tuturnya.


Sedangkan untuk tindakan pencegahan, bisa dengan mem-back up data. Yakni dengan menyimpan data penting di tempat lain. Semmy menambahkan, Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) juga mengimbau kepada perkantoran yang akan beroperasi besok (15/5) agar melakukan hal-hal pencegahan.

Yakni memutus koneksi personal komputer dengan jaringan kantor yang tersambung ke internet. Selain itu, sebaiknya file-file penting segera disimpan di tempat selain PS.

“Agar komputer personal dan jaringan lainnya jangan terhubung ke LAN dan internet dahulu. Lakukan back up data penting dan memperbarui antivirus yang disarankan oleh Microsoft,” cetusnya.

Untuk konsultasi secara online bisa melalui https://www.nomoreransom.org atau email di alamat [email protected] Selain itu bisa menghubungi Direktur Keamanan Informasi Kemenkominfo Aidil Cenderamata di nomor 0817758377 dan Wakil Ketua ID-SIRTII Salahuddin di nomor 0816945022.

(ara/jpnn/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Siap Divaksin Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar menyatakan kesiapan menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 …