Aher: Kami ke Tiongkok Bukan Hanya untuk Studi Banding

Kunjungan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan ke Tiongkok.

Kunjungan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan ke Tiongkok.

Secara reguler, joint meeting grup itu paling tidak bisa digelar setahun sekali.


“Itu sama halnya dengan kerja sama anatar kami dan Australia selatan, saat ini sudah tiga tahun bekerja sama. Jadi kami memiliki rencana bersama, dan mengevaluasinya juga bersama-sama. Kalau ada penyesuaian bisa langsung kita putuskan saat itu (saat pertemuan terjadi),”ujar dia.

Diakui Taufik, rencana joint working group tersebut sudah mereka rencanakan dengan keempat provinsi tersebut yaitu Guangxi Zhuang, Chongqing, Sichuan, dan Heilongjiang. Hal itu meliputi kerja sama teknik dari turunan rencana kerja dengan Mou tersebut.

“Mou akan ditindaklanjuti melalui joint working grup. Diagendakan tahun ini. Mudah-mudahan lancar, kita undang mereka ke empat provinsi itu untuk bicara. Kami sendiri sudah kirimkan rancangan kerja versi rencana Jabar pada mereka. Kemudian mereka kaji, tahun ini mereka ke Jabar atau bisa tahun depan mereka undang kita‎,” ujar dia.

Sementara itu, pada Rabu ini Pemprov Jabar akan melakukan penandatangan MoU dengan Provinsi Heilongjiang, provinsi pamungkas dalam safari kerja Pemprov Jabar pekan ini.

“Sebetulnya Kerja sama kami sudah dimulai sejak 2010 dengan rencana peningkatan kerja sama antar daerah melalui LoI. Memang, tujuan utamanya waktu itu bagaimana mengembangkan kerja sama di bidang pertanian, terutama subsektor dalam pertanian, peternakan dan tanaman pangan,” ujar dia.

Namun, kata dia, ada lagi bidang lain sejalan ada Otonomi daerah seperti sektor kesenian dan kebudayaan, pendidikan, litbang, dan juga yang berkaitan dengan pengembangan kapasitas pemuda dan yang berkaitan dengan pengembangan pariwisata.

(mun)

Loading...

loading...

Feeds