Profesor Nina, Penggagas “Pohon Komunikasi” yang Telah Berpulang

Prof. Dr. Hj. Nina Winangsih Syam, M.S. Foto: Unpad

Prof. Dr. Hj. Nina Winangsih Syam, M.S. Foto: Unpad

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sivitas akademika Universitas Padjadjaran (Unpad) berduka. Seorang guru besarnya, Prof. Dr. Hj. Nina Winangsih Syam, M.S., meninggal dunia, Rabu (10/05/2017).


Dikutip dari Unpad.ac.id,Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad itu berpulang dalam usia 70 tahun di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

Prof Nina merupakan akademikus kelahiran Garut, 14 September 1946. Lulus Fakultas Publisistik (sekarang Fakultas Ilmu Komunikasi) pada 1972. Almarhum tercatat menjadi asisten dosen di Fikom Unpad pada 12 April 1969.

Banyak pemikirann Prof. Syam yang telah berperan penting dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama ketika almarhum menjabat sebagai ketua harian Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Swasta (BMPTS).

Ia, misalnya, memunculnya Ujian Negara Cicilan, kenaikan pangkat untuk dosen yayasan, dan pola tunggal PTN-PTS yang kini lebih dikenal sebagai Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Almarhum juga merupakan peletak ide berdirinya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (Unisba).

Dari hasil pengembangan kajian landasan ilmiah ilmu komunikasi, dosen teladan 1987 ini mencoba menambahkan akar Ilmu Komunikasi lainnya selain Sosiologi, Antropologi, Psikologi, Psikologi Sosial, juga ditambah Filsafat, Biologi, Matematika, dan Fisika.

Pada 1996, Prof. Nina menggagas konsep Pohon Komunikasi untuk mengetahui akar dari komunikasi. Konsep ini kemudian ia tulis dalam sebuah buku.

Kini, Pohon Ilmu Komunikasi itu telah terangkum dalam delapan judul seri Pohon Ilmu Komunikasi. Selain seri Pohon Komunikasi, Prof. Nina juga banyak menulis buku tentang Ilmu Komunikasi.

Prof. Nina merupakan istri dari Dosen Fikom Unpad, Drs. H. Atang Syamsudin, dan ibunda dari Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T., dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad. Almarhum dimakamkan di Cileunyi, Kabupaten Bandung.

(imn/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Idul Adha, Telkomsel Serahkan 777 Hewan Kurban

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA–Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Telkomsel memberikan bantuan 777 hewan kurban yang akan disalurkan kepada sekira 43.000 penerima …

Hadirkan Popok Dewasa Berkapasitas Besar

POJOKBANDUNG.com – SEIRING dengan meningkatnya harapan hidup penduduk Indonesia yang mencapai 66 tahun, maka terjadi juga peningkatan pada jumlah lanjut …

Kilang Cilacap Pastikan Pasokan BBM Aman

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap memastikan supply produk bahan bakar minyak (BBM) dari kilang miliknya …