Jabar Luncurkan Layanan Lapas Berbasis Teknologi Informasi

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meluncurkan program layanan pemasyarakatan berbasis IT (information technology)

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meluncurkan program layanan pemasyarakatan berbasis IT (information technology)

 

POJOKBANDUNG.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meluncurkan program layanan pemasyarakatan berbasis IT (information technology).

Peluncuran dilakukan saat ia menjadi inspektur upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-53 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (27/4/17).

Ada lima program layanan Pemasyarakatan yang diresmikan, yaitu Program Bebas Peredaran Uang (BPU) Berbasis Sidik Jari (Kantin Jempol), Pelayanan Kunjungan Berbasis TI, Sistem Pengamanan Berbasis TI.

Kemudian, Saung Kahiji atau pojok layanan informasi kegiatan Lapas “Bersinar” Bersinergi Membangun Bangsa, termasuk Radio LCibi (Lapas Cibinong).

Baca Juga:

Generasi Muda Jabar Diminta Berperan Aktif Lestarikan Seni Tradisi, Biar Nggak Diklaim Negara Lain

Peringatan Hari Otda, Jabar Kembali Dinobatkan Provinsi Berkinerja Terbaik Nasional

Usai upacara, Wagub Deddy mengatakan layanan tersebut menandakan kemajuan dalam sistem manajemen Lapas di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Menurutnya, penerapan sistem berbasis IT ini menjadi langkah pengembangan warga binaan Lapas, sebagai persiapan ketika kembali ke masyarakat.

“Intinya adalah sistem Kepenjaraan jadi Pemasyarakatan. Artinya betul-betul menyiapkan mereka untuk kembali ke masyarakat untuk meningkatkan produktifitas mereka (warga binaan), keterampilan mereka,” ujar Deddy.

Diharapkan perubahan manajemen Lapas tidak hanya tertuju pada layanan untuk warga binaan saja. Deddy ingin perubahan tersebut juga berdampak pada para petugas Lapas.

Berbagai upaya ini menjadi bagian dari perubahan sistem Pemasyarakatan dalam perlakuan terhadap pelanggar hukum yang lebih manusiawi.

“Termasuk juga kinerja para petugas (Lapas) harus diperbaiki, bukan hanya fokus pada mereka saja untuk diperbaiki mentalnya, tapi juga petugasnya juga demikian. Jadi menyeluruh,” katanya.

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …