Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi di Cikarang Bekasi

“Disini kita akan menempuh dengan penguatan pendidikan dengan vokasi, vocational school dan juga vocational training, serta kewirausahaan dan pasar tenaga kerja,” tambahnya.


Pemerintah juga akan terus mengeluarkan kebijakan yang menemukan kecocokan tenaga kerja atau link and match, atau job matching antara vokasi dan industri. Salah satunya adalah melalui penguatan program vokasi untuk industri yang memiliki asosiasi kuat dan skema rasional yang telah berjalan, seperti di sektor otomotif, pariwisata dan sektor perhubungan.

Dengan begitu tenaga kerja nasional tidak hanya pintar ketika di kelas saja, namun juga di lapangan.

Pabrik MMKI Cikarang ini salah satu komitmen Mitsubishi Motors yang telah ada di Indonesia sejak 1970. Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto mengungkapkan pabrik ini berkapasitas produksi 190 ribu dan bisa ditingkatkan hingga 240 ribu dengan melibatkan 212 suplier lokal, sehingga industri ini menurut Erlangga mempunyai daya saing.

“Produksi otomotif nasional pasarnya sudah mencapai 1,1 juta dan disini ekspornya sebesar 200 ribu. Dan kalau kita bicara roda dua 6,5 juga, dan ekspornya 228 ribu. Tenaga kerja di sektor ini sebesar 3 juta tenaga kerja, baik otomotif roda empat maupun roda dua,” tukas Airlangga.

“Industri ini tentunya menjadi penting karena ditargetkan pada tahun 2020 bisa mencapai 2,5 juta kendaraan. Dan kami lihat bahwa Indonesia merupakan tujuan investasi yang tepat pada sektor otomotif,” pungkasnya.

(mun)

Loading...

loading...

Feeds