Tangkal Terorisme, Polres Cimahi Bentuk Da’i Kamtibmas

Ilustrasi

Ilustrasi

 


POJOKBANDUNG.com- CIMAHI – Polres Cimahi membentuk satuan khusus bernama Da’i Kamtibmas untuk membantu pihak kepolisian mencegah penyebaran radikalisme.

Da’i Kamtibmas ini sudah disebar di 15 kelurahan dengan anggota 100 anggota yang terdiri dari para tokoh agama, masyarakat dan Polri.

Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi, mengatakan pembentukan itu dilakukan untuk menangkal paham radikal yang bisa kapan saja masuk dalam kehidupan masyarakat.

Latar belakang anggota yang dipilih pun tidak terlepas dari tujuan keselarasan antara masyarakat, pemerintah dan tentunya pihak kepolisian.

“Da’i Kamtibmas nantinya akan membantu Polri dalam mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga daerahnya agar tercipta keamanan yang kondusif di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat,” katanya.

Perekrutan untuk menjadi anggota Da’i Kamtibmas akan terus dilakukan dengan mengajak rekan-rekan Da’i lain. Alasannya, penanganan pergerakan teroris yang sembunyi-sembunyi itu diperlukan kerjasama dari banyak orang.

Selain itu, paham radikalisme di kalangan remaja juga akan menjadi titik pengawasan. Sebab, tidak menutup kemungkinan bahwa, paham seperti ini masih ada di lingkungan sekitar.

“Makanya kita berikan pemahaman mengenai paham radikal ini secara bersama-sama. Kita bekerjasama dengan semua pihak, baik MUI dan pemerintah serta para tokoh ulama di Cimahi dan Kabupten Bandung barat,” tuturnya.

Dia melanjutkan, dalam hal Ini memang sudah mutlak menjadi tanggungjawab kepolisian. Maka dari itu, Polisi membantu Pemerintah untuk melaksanakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Tentunya kita harus bahu membahu agar kondusifitas daerah tetap terjaga,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cimahi, Hafidz Suyuti mengatakan, dengan terjalinnya sinergitas dengan pihak kepolisian, pihaknya sangat berharap tidak terjadi adanya penyebaran paham radikal di Cimahi.

“Kalau misalkan ada ceramah yang sekiranya ada unsur provokasi, jelas harus diantisipasi. Kita akan aktif, dengan melibatkan pengurus hingga tingkat kelurahan. apabila ada potensi paham radikal yang berkembang, maka segeralah melapor untuk ditelusuri,” pungksnya.

(gat)

 

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …