Ombudsman Jabar Pantau UNBK 2017 di Kota Cimahi

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ombudsman Jawa Barat memantau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tiap daerah, Senin (3/4). Salah satunya Kota Cimahi, dengan menyambangi SMKN 1 Kota Cimahi.


Kepala Ombudsman perwakilan Jawa Barat, Haneda Tri Lastoto mengungkapkan, pantauan yang dilakukan sudah menjadi agenda rutin pihaknya setiap tahunnya.

“Kami sudah agendakan kunjungan ini, sekaligus mengundang Plt Wali Kota Cimahi untuk memastikan kesiapan sekolah yang telah 100 persen siap melaksanakan UNBK,” ujar Haneda.

Haneda mengatakan, SMK Negeri 1 Cimahi akan menjadi sekolah percontohan bagi SMK lainnya dari segi sarana dan prasarana serta mekanisme pengawasan.

“Dalam pengawasan, sekolah ini sudah menerapkan dilarang masuk bagi pejabat yang hanya akan melakukan seremonial saja. Karena itu jelas mengganggu konsentrasi siswa,” ungkapnya.

Hingga tahun 2016, diakuinya, masih menemukan pelanggaran yang dilakukan pejabat publik dengan melakukan seremonial di dalam ruang kelas tempat UNBK berlangsung.

“Kami ingin memastikan itu. Dan di sini (SMKN 1 Cimahi) sudah melakukannya,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan mengklaim pelaksanaan UNKP dan UNBK ditingkat SMA dan SMK sudah siap sepenuhnya sebelum pengalihan kewenangan tata kelola. Dan jenjang pendidikan menengah pun sudah menyatakan kesiapannya.

“Mudah-mudahan nilai integritas kita meningkat. Kota Cimahi relatif lebih siap dibandingkan dengan daerah lain dalam melaksanakan UNBK ini,” ungkapnya.

Dari total siswa yang mengikuti pelaksanaan UNKP dan UNBK di Cimahi, ada 7000 siswa dah 45 sekolah di seluruh Kota Cimahi.

Dia melanjutkan, pada tahun-tahun sebelumnya, penilaian integritas Cimahi sudah cukup baik dengan jumlah peserta sekitar 7000 siswa dari 45 sekolah, maka persiapan dalam segala hal pun harus lebih matang.

“Bukan hanya menyiapkan komputer saja, tapi kami juga terus berupaya memberikan fasiitas yang layak bagi siswa. Agar UNBK ini berkualitas,” pungkasnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …

Kenaikan Sanksi Prokes Terbentur Pergub

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penerapan kenaikan sanksi denda untuk pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sulit dilakukan. Musababnya, realisasi sanksi tersebut harus melakukan …