Mbah Rono Beberkan Tanda-tanda Bencana Longsor, Jabar Punya Banyak Titik Rawan

Longsor yang melanda Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (1/4/2017) pagi. (Istimewa/BNPB)

Longsor yang melanda Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (1/4/2017) pagi. (Istimewa/BNPB)

POJOKBANDUNG.com – Bencana tanah longsor yang terjadi di Ponorogo, Jawa Timur, membuat pemukiman di kawasan lereng gunung atau bukit menjadi sorotan. Bencana ini mengaktifkan alarm kewaspadaan bagi warga yang tinggal di daerah rentan.


Sebab, hujan yang masih mengguyur di beberapa tempat potensial menimbulkan bencana longsor di perbukitan.

Tenaga Ahli Menteri ESDM bidang Kebencanaan, Surono, mengimbau kepada warga yang berada di daerah tersebut untuk mengenal tanda-tanda tanah bencana tanah longsor.

“Jika terdapat retakan-retakan pada bukit dengan kemiringan lereng lebih dari 20 derajat saat musim hujan, segera ungsikan masyarakat yang bermukin pada dan di bawah lereng,” kata pria yang akrab disapa Mbah Rono, saat dihubungi, Senin (3/4/2017).

“Karena daerah tersebut masuk dalam zona kerentanan gerakan tanah tinggi,” tambah mantan Kepala PVMBG ini.

Selain memperhatikan potensi longsor, pakar geologi tersebut juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan lokasi pemukiman.

Mbah Rono meminta warga untuk tidak membangun pemukiman atau bangunan di kawasan lereng dengan kemiringan lebih dari 20 derajat, pada daerah yang mempunyai ciri tanah, kemiringan, dan ada retakan.

“Membangun tembok penahan longsor atau terasering 1:2 hingga 1:3 (1 meter tegak, 3 meter datar). Serta menanami tanaman yang berakar kuat dan dalam untuk menguatkan kohesi tanah,” jelasnya.

Seperti diberitakan, bencana tanah longsor terjadi di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo pada Minggu (2/4/2017). BNPB mencatat, puluhan orang masih tertimbun longsoran.

Titik Longsor Jabar

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …