100 Ribu UMKM Dipasarkan Secara Online

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebanyak 100 ribu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) produknya dipasarkan secara online pada Hari UMKM Online Nasional 2017.


Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mencanangkan program ini di Pasar Ciroyom Baru, Jalan Ciroyom Barat, Andir, Bandung, Jumat (31/3/17).

Pencanangan serentak dilakukan di 30 kabupaten/kota seluruh Indonesia periode 31 Maret-2 April 2017. Di Jawa Barat, pencanangan dilakukan di dua tempat, yaitu di Kota Bandung dan Kabupaten Garut.

Hari UMKM Online Nasional yang jatuh setiap 31 Maret juga menjadi momentum untuk memasarkan produk UMKM secara luas hingga internasional.

Menurut Aher, UMKM Online bisa menjadi peluang pemasaran produk UMKM yang selama ini terkendala masalah pemasaran dan iklan yang mahal. Upaya ini merupakan bentuk fasilitas dari pemerintah untuk mengembangkan bisnis UMKM.

Untuk itu, Aher mendorong agar produksi dan kualitas produk UMKM bisa ditingkatkan agar bisa bersaing dengan produk lain.

“Sekarang ketika ada online untuk UMKM kan ga ada hambatan lagi. Difasilitasi oleh pemerintah, fasilitasinya dalam bentuk skala besar. Berapa pun produk kita bisa dipasarkan, grouping-nya lewat fasilitas Kominfo, maka sekarang hambatan pemasaran bagi UMKM ga ada lagi,” ujar Aher usai acara pencanangan.

“Justru yang sekarang harus diperbaiki, yang harus kita dorong adalah mari kita dorong UMKM kita untuk memproduksi . Kedua, didorong UMKM kita kualitasnya semakin tinggi, kemasannya semakin bagus,” lanjutnya.

UMKM adalah back bone atau tulang punggung bagi ekonomi Indonesia. Terbukti pada krisis ekonomi global 2008 lalu, UMKM tetap bisa bertahan dan menjadi penentu stabilnya ekonomi nasional saat itu.

Oleh karena itu, Pemprov Jawa Barat terus membina dan memberdayakan sektor ini melalui berbagai program, seperti pencanangan 100 ribu wirausaha baru serta pengucuran Kredit Cinta Rakyat (KCR) yang dimulai pada 2011 lalu.

Loading...

loading...

Feeds

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …

Kenaikan Sanksi Prokes Terbentur Pergub

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penerapan kenaikan sanksi denda untuk pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sulit dilakukan. Musababnya, realisasi sanksi tersebut harus melakukan …