Terbantu Program BPJS Kesehatan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI- Program BPJS Kesehatan berlaku sejak 1 Januari 2014 dan mulai dirasakan manfaatnya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak terkecuali di Kota Cimahi.


Mengenai manfaat dari program jaminan kesehatan sosial ini, beberapa warga yang ditanya pojokbandung.com di Cimahi dan Kab Bandung Barat banyak yang merasakan manfaatnya.

Seperti yang diutarakan Cucu Ningrum, 25 tahun. Ibu rumah tangga warga Parongpong Kab Bandung Barat ini mengaku senang dengan adanya BPJS Kesehatan.

Sebulan lalu ia melahirkan dan sebelumnya mengurus BPJS Kesehatan. Dan hasilnya setelah mendapatkan kartu dan melahirkan bayinya hingga diperbolehkan pulang, Cucu Ningrum merasa sangat diringankan dalam hal pembiayaan.

“Sebulan yang lalu saya melahirkan, alhamdulillah biaya bisa dibantu, ditanggung dengan kartu BPJS Kesehatan yang saya buat sebelumnya bersama suami,” ungkapnya.

bpjs kesehatan cucu ningrum

Ia mengatakan, selama proses persalinan di sebuah bidan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, dengan menjadi peserta BPJS, merasa sangat terbantu.

“Iya, pelayanan bidan saat itu juga ramah selama proses persalinan tiga hari hingga diperbolehkan pulang,” tambahnya.

Komentar lain juga diungkapkan Dwi Rahmanto, warga Cihanjuang Cimahi, saat itu anaknya sakit dan harus dirawat. Karena sudah daftar BPJS Kesehatan, semua biaya perawatan dapat ditanggung selama di rumah sakit.

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan dari pemerintah untuk setiap warga negara Indonesia dan bagi warga asing yang sudah tinggal di Indonesia selama minimal 6 bulan wajib menjadi anggota BPJS. Ketentuan ini sesuai pasal 14 UU BPJS.

Setiap perusahaan juga wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sementara orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS.

Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang sangat terjangkau. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program Bantuan Iuran. (ca)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …