Perbaikan Jembatan Cisomang Habiskan Duit Rp135 Miliar

Pekerja melakukan perbaikan pilar jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi.

Pekerja melakukan perbaikan pilar jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi.

POJOKBANDUNG.com, PURWAKARTA-  Jembatan Cisomang di ruas tol Purbaleunyi akan kembali dibuka untuk semua golongan kendaraan pada 1 April 2017 tepat pukul 00.00.


Sebelumnya, sejak 23 Desember 2016 silam, Kementerian PUPR telah melakukan pembatasan lalu lintas dengan hanya membolehkan kendaraan Golongan I (kecil – nonbus) yang dapat melewati Jembatan Cisomang selama masa perbaikan 3 bulan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, dalam kurun waktu tersebut, penanganan jembatan difokuskan untuk dua hal, yakni menghentikan pergerakan pada pilar-pilar dan mengembalikan kekuatan struktur jembatan.

“Total biaya sekitar Rp 135 miliar untuk perbaikan Jembatan Cisomang hingga tahap permanen. Selama tiga bulan kemarin kita terus monitor dengan robotic monitoring system sambil kita perbaiki,” ujar Basuki.

Pada saat ini, berdasarkan hasil monitoring terhadap pergerakan dan struktur, semua pilar jembatan telah berada dalam stabilitas yang baik.

Sedangkan struktur jembatan dianggap telah memiliki kekuatan untuk beban standar sesuai desain serta telah memenuhi tingkat keselamatan (safety factor) yang memadai.

Dengan safety factor yang sekarang, kendaraan dengan beban melebihi standar (overload) tetap belum diizinkan untuk melintasi Jembatan Cisomang untuk menjamin keselamatan masyarakat.

“Saat mengalami pergeseran kemarin safety factornya di angka 1. Di bawah 1 itu roboh. Sekarang sudah masuk 1,34-1,37. Kita akan diperkuat di tahap permanen hingga ke angka 1,45-1,5 untuk kondisi kering dan 1,5-1,7 untuk kondisi tidak kering,” jelasnya.

Loading...

loading...

Feeds