Penilaian Adipura di Kab Bandung Terkendala TPA

Lokasi TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kab Bandung Barat. (ist)

Lokasi TPA Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kab Bandung Barat. (ist)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Menjelang program Adipura 2017 beberapa pekan mendatang, sebagai program kerja dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemkab Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup memaparkan beberapa panduan titik-titik pantau Adipura


“Pada tahun lalu ada penilaian dan pemantauan tahap 1 (P1) yang sudah dilakukan di bulan November kurang lebih ada 60 titik pantau yang dianggap mewakili mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusuma di Masjid Al Fathu, Komplek Pemda Kab Bandung.

Namun pada tahun ini, tidak ada penilaian atau pemantauan tahap 2 (P2), tapi langsung ke verifikasi. Pendekatan verifikasi adalah bagi kabupaten atau kota yang sudah disiapkan menjadi kandidat berdasarkan hasil P1.

“Kalau kita lihat nilai, upaya masyarakat penanggung jawab titik pantau dan pemuda sudah cukup baik, karena kita sudah punya nilai yang cukup besar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk syarat Adipura 75 poin, belum termasuk dengan kriteria Tempat Pembuangan Akhir (TPA).  Kabupaten Bandung tanpa TPA sudah 75,52 seharusnya sudah dapat.

Namun pada bulan Juli 2016 bergabung dengan Sarimukti, Kab Bandung Barat nilainya menjadi  turun drastis hanya 66,30. Kalau tahun lalu ketika masih di TPA Babakan mencapai nilai 72.

TPA Sarimukti dinilai Kementerian Lingkungan Hidup sudah over kapasitas.

“Sudah kita lakukan pembicaraan dengan dengan instansi provinsi dan kabupaten/kota di Bandung Raya untuk memperbaiki kondisi di TPA Sarimukti. Semoga di penilaian verifikasi mendapatkan penambahan nilai untuk memotivasi, karena Adipura bukan hanya sekadar sertifikat,” pungkasnya.

(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …