KPU Kota Bandung Waswas Hadapi Pilwalkot 2018

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok mencemaskan turunnya angka partisipasi dalam Pilkada 2018. Karena itu, Pemkot dan KPU akan bekerja sama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.


Riqfi menuturkan, pada Pilkada 2008, partisipasi publik dalam Pemilihan Walikota Pilwalkot) Bandung mencapai 75 persen. Jumlah itu menurun menjadi 60 persen dalam Pilwalkot tahun 2013.

“Semoga pada tahun 2018 nanti tidak ada penurunan lagi,” harap dia.

Kekhawatirannya cukup beralasan, sebab menurut hasil analisa KPU Pusat, ada kecenderungan penurunan partisipasi politik masyarakat di kota-kota besar. Hal itu terjadi pada pemilihan umum di Makassar, Surabaya dan Medan yang cukup menjadi perhatian.

“Ini bisa jadi terjadi juga di Kota Bandung, mengingat Bandung juga merupakan kota besar. Saya pikir, ini tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU, tetapi juga pemerintah daerah. Kita, secara bersama-sama, perlu memberikan edukasi politik kepada masyarakat untuk menjaga indeks demokrasi Kota Bandung,” ujar Rifqi.

Hal itu diamini Sekda Kota Bandung, Yossi Irianto. Maka, pemerintah harus berperan dalam mengedukasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kita perlu sosialisasi dengan baik, kita harus memberikan pengertian bahwa partisipasi mereka sangat penting demi tegaknya demorasi di negeri ini,” tutur Yossi.

Ia mengatakan, yang paling penting melakukan pemutakhiran data pemilih agar bisa menjadi acuan dasar Pemkot untuk melaksanakan program sosialisasi.

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …