1 April Jembatan Cisomang Dibuka untuk Semua Golongan

POJOKBANDUNG.com, PURWAKARTA–  Jembatan Cisomang di ruas tol Purbaleunyi akan kembali dibuka untuk semua golongan kendaraan pada 1 April 2017 tepat pukul 00.00.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, kendati dibuka untuk semua golongan kendaraan, pembatasan beban kendaraan akan tetap dilakukan agar pergeseran pilar jembatan tidak terulang.

“Beberapa catatan yang harus ditekankan, bagi kendaraan golongan V yang melebihi 45 ton akan dikeluarkan dari jalan tol. Kita sudah koordinasikan kebijakan ini dengan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian,” jelas Basuki di hadapan wartawan saat jumpa pers di lokasi perbaikan Jembatan Cisomang, Senin (27/3).

Basuki mengungkapkan, untuk pengawasan beban kendaraan tersebut, Kementerian PUPR telah menyiapkan teknologi weight in motion atau timbangan bergerak yang akan ditempatkan di jalan tol. Untuk di Tol Purbaleunyi, pengawasan akan dilakukan di KM 72 dari arah Jakarta dan bagi kendaraan yang kelebihan muatan akan dikeluarkan di Jatiluhur.

“Sementara itu, dari arah Bandung pengawasan dilakukan di KM 120  dan akan dikeluarkan di Cikamuning bagi kendaraan yang beratnya melebihi batas maksimum,” terang Basuki.

Menurutnya pengawasan maksimum beban kendaraan tersebut penting dilakukan untuk meningkatkan disiplin pengguna jalan sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko kerusakan jalan.

“Untuk mewujudkan tranportasi yang murah, aman dan nyaman ada tiga faktor yang mempengaruhi, yaitu prasarana, regulasi, dan perilaku pengguna jalan. Kebijakan ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi pengguna jalan untuk disiplin,” kata Basuki.

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …