Walah, Inggris Curiga Motif Teror London Ada di WhatsApp

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Motif teror yang dilakukan Khalid Masood hingga saat ini belum terungkap. Otoritas Inggris masih mencari bukti-bukti, salah satunya lewat aplikasi Whatsapp.


Khalid Masood adalah pelaku teror yang menewaskan tiga orang dan puluhan lain terluka. Dia dengan mobilnya menabrak orang-orang yang berada di Westminster Bridge Rabu (22/3/2017), lalu menubruk pagar pembatas Gedung Parlemen Inggris.

Penyelidikan otoritas Inggris membawa WhatsApp dalam pusaran. Pasalnya, polisi menyelidiki kemungkinan dia menggunakan aplikasi WhatsApp sesaat sebelum beraksi.

Namun, pesan di WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end. Jadi, pesan hanya ada di telepon genggam pengirim dan penerima pesan. Jika pesan sudah dihapus oleh keduanya, tidak ada jejak yang tersimpan.

Menurut informasi yang diperoleh, ada pesan yang masuk ke HP Masood dua menit sebelum serangan.

Insiden terjadi di sekitar Gedung Parlemen Inggris (PA)

Insiden terjadi di sekitar Gedung Parlemen Inggris (PA)

Hal itu membuat petinggi-petinggi Inggris berang. Mereka menekankan agar intelejen Inggris harus mendapatkan akses untuk masuk ke dalam pesan terenkripsi itu.

“Tidak boleh ada tempat bagi teroris untuk bersembunyi,” kata Menteri Dalam Negeri Inggris Amber Rudd.

Rudd menambahkan, dia akan bertemu dengan perusahaan teknologi WhatsApp pekan ini agar mereka bisa bekerja sama demi pengungkapan kasus tersebut.

Pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn juga mengungkapkan hal serupa. ”Harus ada keseimbangan antara hak untuk mengatahui dan hak untuk privasi,” katanya.

Kepada Andrew Marr dalam acara BBC One, Rudd menyatakan apa yang terjadi saat ini sangat tidak bisa diterima.

”Kami ingin memastikan organisasi seperti WhatsApp, dan lainnya, tidak menyediakan tempat bagi teroris untuk berkomunikasi satu sama lain,” tegasnya.

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …