Selfie dengan “Mayat” Pemimpin Komunis Dunia? Siapa Takut

Pengunjung terkejut melihat patung pemimpin komunis Tiongkok Mao Zedong

Pengunjung terkejut melihat patung pemimpin komunis Tiongkok Mao Zedong

 


POJOKBANDUNG.com – Selfie dengan artis atau tempat eksotis, mungkin sudah biasa. Di Hong Kong ada pameran replika mayat-mayat pemimpin komunis dunia: Mao Zedong, Ho Chi Minh, Kim Il-Sung, Fidel Castro, hingga Vladimir Lenin. Anda bisa selfie dengan mereka.

Replika mayat-mayat pemimpin komunis dunia itu hadir di pameran Art Basel Hong Kong yang berlangsung hingga Sabtu kemarin. Penonton berebut kesempatan untuk berselfie, berpose dengan model menakutkan Mao yang berambut abu-abu.

Patung mayat pemimpin revolusioner Republik Rakyat Tiongkok itu dipamerkan di sebuah peti mati. Patung Mao mirip sekali dengan aslinya, yang juga diawetkan di sekitar lapangan Tiananmen.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memotret pemimpin Kuba yang meninggal tahun lalu, Fidel Castro. Fidel memakai pakaian militer khasnya warna hijau. Ia juga terbaring di atas peti mati dan terkurung kaca.

Patung Fidel Castro. Foto: Anthony Wallace/Agence France-Presse-Getty Images

Patung Fidel Castro. Foto: Anthony Wallace/Agence France-Presse-Getty Images

Patung mayat orang-orang besar dari abad ke-20 itu karya seniman Cina, Shen Shaomin. Shen berharap setelah pameran di Art Basel Hong Kong, patung-patung buatannya itu akan menemukan “rumah” di salah satu museum.

Panitia yang mengadakan acara pameran sempat waswas karya Shen tidak bisa didatangkan. Sebab, patung yang dipamerkan adalah sosok-sosok kontroversial, termasuk Mao Zedong yang begitu diagungkan di Negeri Panda.

Sementara, Hongkong merupakan wilayah otonomi khusus Tiongkok.  “Art Basel harus berjuang keras untuk membawa patung-patung itu ke sini,” ujar penyelenggara pameran, Agnes Lin.

Kolektor seni dari Swiss Emmanuel Goetschel sangat antusias saat melihat patung Mao. Dia berkali-kali mengambil foto.

“Saya dulu pernah pergi ke Tiongkok saat dia (Mao) masih hidup. Orang-orang sangat berhati-hati dengan gambar wajahnya. Hal seperti ini (pameran ini) tidak akan mungkin (dilakukan saat itu),” terangnya.

Seni instalasi patung karya Shen sebelumnya telah berkeliling di museum-museum di Singapura dan Prancis. Namun, hingga pameran di Art Basel Hong Kong kemarin, belum ada satu pun kolektor yang berminat membeli dan mengoleksi. Anda minat?

(imn/nyt/afp/HavanaTimes/jpg/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …