NASA Pernah Bikin Sepeda Motor untuk di Bulan, Mirip Motor Bebek

Motor untuk di bulan buatan NASA

Motor untuk di bulan buatan NASA

 


POJOKBANDUNG.com – National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau lembaga antariksa Amerika Serikat pernah membuat sepeda motor untuk misi di bulan.

Ya, sepeda motor. Tidak tanggung-tanggung, NASA merancang dua motor untuk menjelajah bulan.

Dikutip dari MoreBikes, motor yang satu yang dirancang NASA modelnya seperti Honda CT90T yang jadul, malah sekilas mirip bebek tahun 70. Sedangkan satu lagi motor listrik.

Pembuatan kendaraan roda dua untuk luar angkasa oleh NASA ini sebenaranya program lama, namun baru diketahui balakangan ini.

Pada 60-an NASA bekerja keras mengembangkan sepeda mini bermotor listrik. Fungsinya agar astronot Apollo 15 bisa mengeksplorasi permukaan bulan lebih jauh dari Modul Lunar atau tempat pendaratan di bulan.

Foto resmi pemerintah Amerika Serikat mengkonfirmasi rencana NASA untuk menempatkan sepeda motornya di bulan.

Salah satu foto menunjukkan seorang pengujian insinyur NASA sedang menguji motor mirip motor bebek 70 itu di permukaan bulan buatan.

Motor untuk di bulan buatan NASA

Motor untuk di bulan buatan NASA

NASA kemudian melanjutkan proyek sepeda motor luar angkasanya dengan membangun minibike listrik berkekuatan 5-8 tenaga kuda dengan baterai kapasitas 30 amp jam. Hanya saja, bulan tidak memiliki atmosfer yang berfungsi menyerap panas sepeda motor.

Insinyur NASA pun berimproviasi dalam mengatasi masalah panas tersebut. Di luar dugaan, mereka memakai teknologi rendah sebagai sistem pendinginan, yaitu lilin. Lilin tersebut akan mencair dan menyerap panas dari mesin motor.

Jika cairan lilin terlalu panas, astronot harus berhenti mengemudikan motornya sembari menunggu lilin kembali membeku.

Sayangnya, sepeda motor terebut belum pernah dipakai di bulan. Sepeda motor ini hanya kendaraan cadangan jika kendaraan utama bermasalah. Kendaraan utama tersebut adalah Lunar Roving Vehicle (LRV) atau disebut juga Moon Buggy, yakni kendaraan roda empat bertenaga baterai yang diangkut Apollo ke bulan untuk menjalankan misinya.

Jika saja si Moon Buggy bermasalah, mungkin kita bisa menonton sepeda motor berkeliaran di bulan.

(imn/MoreBikes/Pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …

DPRD Jabar Imbau Ponpes Taati Prokes

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Fraksi PKB DPRD Jabar M. Sidkon Djampi mengimbau para santri dan pengajarnya taati protokol kesehatan Covid-19. …

Kenaikan Sanksi Prokes Terbentur Pergub

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penerapan kenaikan sanksi denda untuk pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sulit dilakukan. Musababnya, realisasi sanksi tersebut harus melakukan …