Angkutan Lebaran, KAI Tambah 6 Trainset Baru

Ilustrasi

Ilustrasi

Sehingga penumpang bisa nyaman selama perjalanan. Keenam trainset itu merupakan bagian dari rencana pembelian 438 unit gerbong tahun ini.


Pembelian dalam jumlah besar ini memang masuk menjadi agenda jangka panjang perusahaan untuk meremajakan gerbong-gerbong tua. Setidaknya, ada 800 gerbong yang saat ini sudah berusia di atas 30 tahun.

Pada angkutan Lebaran tahun ini, jumlah penumpang angkutan kereta api diperkirakan naik tiga persen daripada tahun sebelumnya. KAI menyediakan kurang lebih 222.014 seat per hari untuk melayani penumpang mudik.

Di sisi lain, moda angkutan jalan juga diprediksi naik hingga 5 persen dibanding 2016 pada Lebaran tahun ini.

Kendati begitu, belum bisa diprediksi apakah kenaikan lebih banyak pada angkutan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

”Saat ini Ditjen Perhubungan Darat masih berhitung untuk pastinya,” ujar Plt Kepala Komunikasi Publik Kemenhub J.A Barata.

Perhitungan itu termasuk penyusunan rencana operasi angkutan Lebaran. Salah satunya, untuk penanganan kemacetan. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Korlantas, Kementerian PUPR, serta kementerian/lembaga terkait.

”Kan sudah tahu titik-titiknya. Nah, ini sedang disusun (antisipasinya). Temasuk pengaturan angkutan barang saat Lebaran,” jelasnya.

(mia/oki)

Loading...

loading...

Feeds