Jangan Duduk Lama-lama, Penyakit Mengerikan Ini Mengancam

Duduk terlalu lama. Ilustrasi. Foto abmfederal

Duduk terlalu lama. Ilustrasi. Foto abmfederal

POJOKBANDUNG.com – Sejumlah penyakit mengerikan mengancam jika Anda duduk terlalu lama di siang hari. Penyakit tersebut antara lain obesitas, diabetes, jantung hingga kematian dini.


Itu mudah dipahami karena kurang aktif bisa menyebabkan peningkatan berat badan, yang merupakan faktor risiko serangan jantung, stroke, hipertensi dan kadar gula darah yang tidak sehat.

Duduk terlalu lama juga memiliki efek merugikan terhadap sel-sel tubuh pada tingkat biologis, menurut sebuah laporan baru yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

Dalam studi baru, para ilmuwan yang dipimpin Aladdin Shadyab, seorang rekan post-doktoral di kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat di University of California San Diego, menelusuri dampak duduk pada kromosom.

Mereka mengambil sampel darah dari hampir 1.500 wanita yang lebih tua yang terdaftar di Women’s Health Initiative, sebuah studi jangka panjang dari penyakit kronis pada wanita pasca-menopause dan berfokus pada telomeres yakni tips dari DNA padat di setiap sel.

Studi sebelumnya telah menemukan bahwa sel membelah seiring bertambahnya usia, mereka kehilangan bit dari telomere, sehingga panjang wilayah ini bisa menjadi penanda berapa umur sel.

Para peneliti membandingkan panjang telomer dengan berapa banyak dan lama wanita berolahraga, untuk melihat apakah aktivitas fisik memengaruhi penuaan.

Shadyab awalnya tidak menemukan hubungan antara panjang telomere dengan tingkat aktivitas fisik. Tapi saat dia fokus pada perempuan yang tidak melakukan 30 menit aktivitas fisik sedang hingga kuat setiap hari, ia mulai melihat beberapa tren yang menarik.

Di antara wanita yang tidak melakukan latihan/olahraga setengah jam setiap hari, mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu menetap (sekitar 10 jam atau lebih) memiliki telomere lebih pendek dari wanita/orang yang menghabiskan lebih sedikit waktu duduk setiap hari.

Loading...

loading...

Feeds

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …