Hasil Survei, Nama-nama Ini Berpeluang Besar Jadi Gubernur Jabar

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari memaparkan data survei seputar permasalahan Jabar dan Peluang Cagub 2018 di Hotel Savoy Homan,  Jalan Asia Afrika,  Kota Bandung,  Kamis (23/3). (Riana Setiawan)

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari memaparkan data survei seputar permasalahan Jabar dan Peluang Cagub 2018 di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Kamis (23/3). (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga survei Indo Barometer melakukan survei bertajuk “Permasalahan Jawa Barat dan Peluang Calon Gubernur Jawa Barat 2018”. Bagaimana hasilnya?


Berdasarkan hasil survei yang diterima Pojokbandung, ada sejumlah nama yang masuk radar calon Gubernur Jawa Barat (cagub Jabar). Ada nama baru, ada juga nama-nama lama.

Dalam survei ini, ada lima pertanyaan pokok dengan topik cagub Jabar. Salah satu topik mengulas siapakah pilihan cagub Jabar dari 14 nama yang diajukan tim survei.

Dari pertanyaan itu muncul empat nama teratas, yakni Ridwan Kamil (22%), Deddy Mizwar (14,1%), Dede Yusuf (11,8%), Dedi Mulyadi (7,3%), Bima Arya Sugiarto (1,9%).

Ada juga responden yang masih merahasiakan pilihannya, belum memutuskan, dan tidak menjawab, yakni 31,3%.

Selebihnya, Indo Barometer mengajukan pertanyaan soal Pilgub Jabar berdasarkan lima nama cagub, pengenalan, dan tingkat kesukaan. Hasilnya,  Ridwan Kamil selalu meraih nilai tertinggi, yakni paling dikenal dan disukai.

Indo Barometer menyimpulkan, calon gubernur dengan peluang terbesar adalah Ridwan Kamil. Sebab, tingkat pengenalan atau elektabilitas Wali Kota Bandung ini mencapai 65 persen.

Namun, Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, mengatakan perjalanan Pilkada/Pilgub Jabar masih panjang, dinamikanya akan terus berubah.

Belum lagi responden yang masih belum memutuskan jumlahnya masih sangat besar, yakni 31,3%.

“Pilkada Jawa Barat masih dinamis mengingat pelaksanaan masih di bulan Juni 2018. Menarik untuk terus diamati,” kata dia, yang memaparkan hasil surveinya di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann, Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/3/2017).

Survei melibatkan 800 responden di 27 kabupaten/kota di Jabar 27 Februari-7Maret 2017. Namun, survei dengan metode multistage random sampling ini memiliki angka margin of error cukup tinggi, yakni 3,46 persen.

(imn/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …