Ratusan Warga Korban Banjir Mengungsi, Status Siaga Darurat Hingga Mei 2017

Banjir genangi kawasan Bandung Selatan akibat luapan sungai Citarum. (Riana Setiawan)

Banjir genangi kawasan Bandung Selatan akibat luapan sungai Citarum. (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Wilayah Kabupaten Bandung ditetapkan sebagai Siaga Darurat Bencana hingga Mei 2017. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Bandung dan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat.

“Pemerintah Kab Bandung dalam keputusan bupati tentang Perpanjangan Penetapan Status Siaga Darurat Bencana tanah longsor, banjir dan puting beliung berakhir 30 Maret 2017. Namun, Siaga Darurat (diperpanjang) sampai 31 Mei 2017,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kab Bandung, Tata Irawan dalam Rapat Koordinasi Siaga Darurat, Kamis (23/3/2017).

Sejauh ini, di daerah bencana banjir Baleendah dan Dayeuhkolot masih ada pengungsi sebanyak 145 kepala keluarga atau sebanyak 471 jiwa, yang terdiri  dari 56 lansia, 48 balita, 3 ibu hamil, 10 ibu menyusui dan 1 orang sakit.

“Data itu yang tercatat hingga Kamis pagi karena BPBD melakukan assessment ke wilayah itu dua kali dalam sehari, pagi dan sore dan dirilis setiap pukul 8 pagi dan pukul 8 malam,” terangnya.

Sementara itu, Forecaster Cuaca BMKG Jadi Hendarmin memaparkan, bencana hidrometeorologi cukup rawan terjadi saat ini. Dari hasil prediksi BMKG dan data klimatologis yang dirilis BMKG sejak tahun 1981 hingga 2010 untuk wilayah Jawa Barat pada bulan Maret masih dalam kondisi musim penghujan.

Untuk wilayah Bandung dan sekitarnya, dikatakannya, puncak musim hujan terjadi di bulan November dan Maret, jadi wajar jika di bulan itu intensitas hujan lebih tinggi.

(cr3/ca)

loading...

Feeds

SMPN

Puluhan SMPN Tak Bisa UNBK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Minimnya fasilitas komputer yang dimiliki di setiap SMP Negeri di Subang membuat puluhan sekolah SMPN di Subang …
petugas

Dua Petugas KPPS Meninggal Dunia

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Subang telah menerima laporan adanya pengawas TPS di daerah yang meninggal …
LIPI

Tiga Hasil Penelitian LIPI Dipamerkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2Telimek), menghadirkan tiga hasil penelitian …
PPDB

Pemprov Jabar Matangkan PPDB 2019

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mematangkan penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Hal itu bertujuan untuk …