Peraih Nobel Kuliah di Unpad: Ilmuwan Bertanggung Jawab pada Masyarakat

Prof. Dr. Peter Agre. Foto: Istimewa

Prof. Dr. Peter Agre. Foto: Istimewa

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peraih Nobel Laureates bidang Kimia tahun 2003, Prof. Dr. Peter Agre, mewanti-wanti ilmuwan agar berperan di bidang kemanusiaan. Ilmuwan bukan sosok yang diam di menara gading, tetapi bertanggung jawab kepada masyarakat.

“Ilmuwan sangat perlu berperan dalam aspek kemanusiaan,” kata Prof. Agre, melalui siaran pers yang diterima Pojokbandung.

Prof. Agre mengisi Kuliah Umum dan Dialog Publik bertajuk “Opening Doors Worldwide Through Medical Science” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Rabu (22/03/2017).

Bagi Agre, tanggung jawab seorang ilmuwan bukan hanya terletak pada penemuan dari segala penelitian. Tetapi bagaimana temuan tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Peran meningkatkan kesejahteraan, kata dia, justru tanggung jawab terbesar seorang ilmuwan kepada masyarakat.

Hal itu pula yang menjadi pedoman Peter Agre untuk terjun melakukan penelitian terkait malaria di beberapa negara di Benua Afrika. Sejak 2008, dia terlibat aktif pada penelitian tentang malaria, khususnya terkait dengan vaksin dan terapi.

Pengalaman mengentaskan virus malaria tersebut dikemukakan dalam rangkaian acara The 6th ASEAN event series “Bridges – Dialogues Towards a Culture of Peace” yang digelar The International Peace Foundation.

Lebih lanjut, Prof. Agre mengatakan, kolaborasi antar peneliti dibutuhkan dalam mewujudkan keberhasilan menciptakan perdamaian dunia. Upaya ini ia wujudkan melalui serangkaian penelitiannya tentang malaria di beberapa negara di Afrika, di mana kawasan ini masih menjadi kawasan tertinggi penyebaran virus malaria.

Di beberapa negara berkembang seperti Republik Congo, Zambia, dan Zimbabwe, ia berkonsolidasi dengan beberapa peneliti lintas negara melakukan riset tentang malaria.

Ia pun mendirikan beberapa pusat riset malaria dengan melibatkan masyarakat lokal. Tugas utama pusat riset itu ialah menelusuri faktor penyebaran penyakit yang banyak merenggut korban anak-anak.

Loading...

loading...

Feeds

Idul Adha, Telkomsel Serahkan 777 Hewan Kurban

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA–Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Telkomsel memberikan bantuan 777 hewan kurban yang akan disalurkan kepada sekira 43.000 penerima …

Hadirkan Popok Dewasa Berkapasitas Besar

POJOKBANDUNG.com – SEIRING dengan meningkatnya harapan hidup penduduk Indonesia yang mencapai 66 tahun, maka terjadi juga peningkatan pada jumlah lanjut …

Kilang Cilacap Pastikan Pasokan BBM Aman

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap memastikan supply produk bahan bakar minyak (BBM) dari kilang miliknya …