Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud Bahaya?

Telinga. Foto: Healthme

Telinga. Foto: Healthme

POJOKBANDUNG.com – Anda seharusnya tidak memasukkan benda apa pun ke dalam telinga, meskipun untuk membersihkan kotoran dan debu.


Begitu juga membersihkan telinga dengan cotton bud.

Bagi sebagian orang, kotoran telinga bisa menumpuk dengan sangat cepat hingga mengurangi kemampuan mendengar dan di beberapa kasus, timbul rasa sakit.

Banyak orang yang memilih menggunakan cotton bud untuk mengangkat kotoran tersebut. Padahal, walaupun membersihkan telinga dengan cotton bud cukup umum dilakukan.

Para ahli mengatakan membersihkan telinga dengan cotton bud bisa menyebabkan gangguan pendengaran atau kerusakan pada saluran dalam telinga.

Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda tidak dianjurkan membersihkan telinga dengan cotton buds, seperti dilansir laman India Times.

1. Penting memiliki lilin pembersih untuk telinga.

Kotoran telinga memiliki kualitas antibakteri untuk mencegah infeksi dan juga membantu melumasi saluran telinga dan mencegah pengeringan serta rasa gatal.

2. Cotton buds tidak baik untuk gendang telinga.

Penyeka kapas benar-benar bisa membuat gendang telinga pecah, bahkan bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Ketika kita memaksa benda asing masuk ke dalam liang telinga, kita cenderung untuk mendorong lilin melawan gendang telinga yang benar-benar bukan ide yang baik.

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …