Wow… Liburan di Bali, Raja Salman Habiskan Duit Rp150 Miliar

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Joko Widodo (Raka Denny/ Jawa Pos)

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Presiden Joko Widodo (Raka Denny/ Jawa Pos)

“Jadi, kemungkinan besar beliau akan banyak menghabiskan waktunya untuk menikmati pemandangan laut,” kata Osama, akhir pekan lalu. Hanya saja Osama enggan merinci perihal lokasi atau obyek wisata yang akan dikunjungi Raja Salman selama berlibur di Bali.


Selama di Bali memang tidak diketahui agenda wisata Sang Raja selama di Bali. Selain rahasia, kegiatan banyaknya kegiatan pribadi keluarga kerajaan. Tapi pada Minggu lalu, sebagian rombongan terintip menghabiskan liburan di Pantai Pandawa.

Wapres JK mengatakan, perpanjangan masa liburan Raja Salman dinilai bisa menjadi promosi pariwisata Indonesia, khususnya untuk wisatawan mancanegara asal Timur Tengah. Kata JK, keputusan Raja Salman memperpanjang masa liburan di Bali, merupakan bukti bahwa wisata Indonesia itu sangat indah.

“Dampaknya itu, pengertiannya bahwa Indonesia memang indah. Itu menjadi suatu promosi yang hebat khususnya untuk Timur Tengah,” kata JK, di Jakarta.

Berapa biaya yang dihabiskan untuk liburan Raja dan rombongannya? Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Asnawi Bahar, memperkirakan lebih dari Rp 250 miliar dihabiskan selama kunjungan Raja Salman di Indonesia.

“Minimal Rp 150 miliar dihabiskan selama di Bali,” kata Asnawi, saat dikontak Rakyat Merdeka, tadi malam.

Rinciannya, biaya untuk memborong kamar di Hotel Sait Regis, Laguna, Bali Hiltin, dan Mulia. Plus menyewa 300 mobil mewah, wisata ke Nusa Dua, Uluwatu, kawasan GWK, dan biaya lainnya.

Misalnya untuk hotel Laguna yang memiliki 287 kamar dengan variasi tarif Rp 10 juta sampai Rp 100 juta per malam. Mengambil tarif yang paling murah, estimasinya biaya Rp 14,35 miliar dengan asumsi mereka menginap selama 5 hari.

Kemudian St Regis Resort yang mempunyai 123 kamar dengan harga minimal yang sama dan kurun waktu yang sama, maka diperkirakan biaya yang dihabiskan sekitar Rp 6,15 miliar. Untuk biaya pengeluaran di hotel Ritz Carlton dihitung sama dengan yang lain.

“Itu belum perhitungan tarif kamar Raja Salman yang mencapai ratusan juta, biaya makan selama di Bali karena hotel kan ditutup untuk umum,” jelasnya.

Ditambah lagi sewa mobil mewah 300 Mercedez Benz, dengan estimasi tarif per mobil Rp20 juta per hari. Sisanya mobil mewah biasa seperti Alphard dengan tarif Rp 5 juta dikalikan lagi waktu selama berada di Bali.

“Hasilnya mencapai Rp 10 miliar. Kemudian belum termasuk biaya groundhandling, dan lainnya,” rincinya. (nif/rmo/ca/pojokbandung)

Loading...

loading...

Feeds