Ratusan Aset Terancam Hilang, Pemkot Cimahi Kesulitan Sertifikasi Lahan

Lingkungan Perkantoran Pemkot Cimahi. (ist)

Lingkungan Perkantoran Pemkot Cimahi. (ist)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi hanya menargetkan 10 aset disertifikatkan tahun ini. Padahal, dari data Pemkot Cimahi, ada sekitar 289 aset dari total 506 aset yang belum disertifikatkan.


Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Cimahi, Rony Rodjani mengaku, proses sertifikasi akan terus dilakukan secara bertahap. “Kami berusaha mensertifikatkan semua aset, namun tentu secara bertahap” ujar Rony.

Ia pun menjelaskan, meski menargetkan 10 aset untuk disertifikasi, namun bukan berarti jumlahnya 10 objek.

Rencananya, pihaknya akan menggabungkan beberapa aset untuk dijadikan satu sertifikat. Rony memisalkan, ada beberapa aset tanah tapi terdapat di satu lokasi, maka aset tersebut kemungkinan sertifikatnya hanya akan dibuatkan satu saja.

Berdasarkan data dari BPKAD Kota Cimahi, aset yang sudah tersertifikasi sampai tahun 2016 mencapai 217, dari total 506 aset.

Untuk jalan saja, ada sekitar 150 ruas jalan yang belum bersertifikat sejak Kota Cimahi menjadi kota otonom 15 tahun silam. Alasannya, secara kebijakan pemerintah pusat, jalan belum menjadi priortias utama untuk disertifikasi.

Kebanyakan, aset yang dimiliki Pemkot Cimahi berupa tanah kosong dan tanah yang sudah dibangun gedung. Seperti bangunan gedung sekolah, Kantor Kelurahan, Kantor Dinas serta fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos). Bahkan, mayoritas bangunan SMK yang ada milik Provinsi Jawa Barat.

Untuk itu, pihaknya akan mengkoordinasikan aset tanah sekolah kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk diupayakan menjadi sertifikat aset Kota Cimahi.

Diakui Rony, ada beberapa kendala pihaknya dalam mensertifikasi aset tanah yang dimiliki. Misalnya, hasil Fasos dan Fasum dari pengembang berupa tanah.

“Mungkin dulunya tidak diproses sampai kelengkapan administrasi sampai jadi sertifikat sehingga sampai sekarang mentok di BPN (Badan Pertahanan Nasional (BPN) karena belum ada berita acara berupa serah terima dari pengembang ke Pemkot Cimahi,” bebernya.

(gat/bbb)

Loading...

loading...

Feeds

BMKG Bakal Pantau Hilal 1 Syawal 1442 H

BMKG Bakal Pantau Hilal 1 Syawal 1442 H

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BMKG Stasiun Bandung turut melakukan pemantauan hilal atau rukyat hilal 1 Syawal 1442 H untuk penetapan Idul …